Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Program Pesawat Transport Nasional

Program Pesawat Transport Nasional adalah program pengembangan pesawat transport nasional untuk mendukung system transportasi udara Nasional Indonesia. Program ini merupakan program yang menyertakan seluruh stakeholder penerbangan di Indonesia, baik Litbang maupun Industri.Tercatat ada LAGG, LUK dari BPPT, Kemenperin, ITB dan tentu PT. Dirgantara Indonesia.

Program Pesawat Transport ini sekaligus sebagai sarana membangun hubungan antara industri dan Litbang Penerbangan, di mana Pustekbang dalam kerangka jangka panjang akan menjadi Desain Center dan Industri Dirgantara PT.DI sebagai manufacturing centre. Program ini sekarang diawali dengan Program N219, yaitu program pesawat transport pesawat berenumpang 19 untuk penerbangan perintis. Program pesawat transport juga didesain untuk pengembangan pesawat hingga 70 penumpang dengan nama N70 dan mengembangkan N45.

N219 adalah pesawat terbang yang tengah dikembangkan oleh LAPAN dan PT. DI untuk mengisi kebutuhan di sektor penerbangan perintis di Indonesia. Pesawat ini memiliki kapasitas angkut hingga 19 penumpang. N219 dapat terbang pada landasan pendek sepanjang 500 meter pada MTOW (Maximum Take Off Weight). Pesawat ini juga dapat take-off dan landing pada berbagai macam landasan, baik itu aspal, rumput maupun tanah. Hingga akhir tahun 2013, proses perancangan N219 telah mencapai tahap preliminary design dan mulai masuk ke tahapan detail design dengan selesainya pengujian wind tunnel power off dan power on.

Pengajuan hak paten untuk Wingtip Device untuk peningkatan performance Take-off dan Landing pesawat N219 juga telah dilakukan. Tipe wingtip devices yang dipilih adalah winglet dan wing extention. Desain winglet dan wing extention digambar menggunakan CAD Catia dan dilakukan analisis dengan simulasi CFD.Sedangkan alat untuk memverifikasi hasil analisis dilakukan pengujian terowongan angin di NLST (Nusantara Low Speed Tunnel) PT DI. Dengan penambahan wingtip devices, winglet cant angle 75o, efisiensi lift yang dihasilkan meningkat hingga 6%.


Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383



© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan