Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


FASILITAS DROP TEST


Alat uji Landing Gear Drop Test merupakan fasilitas uji Laboratorium Aerostruktur yang berada di Pusat Teknologi Penerbangan – LAPAN, Bogor dan merupakan kerja sama dengan PT. Dirgantara Indonesia.

Keberadaan alat uji ini menjadi bentuk adanya komitmen dan tekad yang tinggi dari para pelaku industri komponen pesawat terbang Indonesia untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal pengujian, analisis, dan simulasi sebuah landing gear (roda pendaratan) yang sesuai dengan hasil perancangan, serta memenuhi standar regulasi yang telah ditetapkan, yaitu CASR Part 23 – Subpart C dan D.

Alat uji landing gear drop test ini akan digunakan untuk menguji kekuatan sturktur dari landing gear Pesawat Transport Nasional N219, dalam menerima beban impact saat melakukan pendaratan. Landing gear yang diuji masih berupa prototipe sembari menunggu landing gear asli hasil manufaktur konsorsium industri swasta di Bandung dan Tangerang. Pihak konsorsium ini masih melakukan uji coba terhadap material karet yang menjadi komponen peredam benturan saat pendaratan. Diharapkan dalam dua hingga tiga bulan kedepan diperoleh hasil yang maksimal sehingga landing gear perdana produk asli Indonesia pada Pesawat Transport Nasional N219 bisa masuk ke tahap drop test untuk menjalani proses awal sertifikasi.

Dengan adanya alat uji ini, industri pesawat terbang Indonesia akan mampu secara mandiri untuk mengembangkan dan merancang landing gear yang menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah pesawat terbang. Kerja sama dengan para stakeholder dalam negeri akan meningkatkan local content dari komponen manufaktur roda pendaratan Pesawat N219 yang akan meningkatkan kemandirian industri pesawat terbang Indonesia.

Spesifikasi

Alat uji drop test ini mampu mengangkat beban uji hingga 8 ton dengan ketinggian maksimum 1500 milimeter. Motor hidrolik yang terdapat pada alat dapat memutar roda hingga kecepatan 150 knot dan alat ini dapat menahan beban impact hingga 15 ton. Dalam sekali pengujian, alat ini dapat mengumpulkan data sebanyak 30.000 sample dalam 1 detik, yang terdiri dari data gaya impact, perubahan jarak struktur, kecepatan jatuh, kecepatan putar roda, dan jumlah energi yang teredam. Data-data ini akan menjadi informasi penting bagi para engineer untuk merancang dan menyimulasikan roda pendaratan yang lebih baik.

Prinsip Kerja

Main landing gear diangkat terlebih dahulu hingga menyentuh motor hidrolik. Lalu, motor diputar dengan kecepatan hingga kurang lebih 70 knot. Pemutaran roda ini dilakukan sebagai ganti dari kecepatan saat pesawat mendarat. Setelah itu, main landing gear diturunkan mencapai ketinggian jatuh 200 mm dan dijatuhkan. Data hasil pengujian disimpan dan pengujian selesai.


Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan