Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


FASILITAS UJI STATIK


Uji Statik diperlukan untuk melakukan analisis eksperimental dalam rangka pembuktian bahwa rancangan struktur pesawat telah sesuai dan aman. Pengujian ini amatlah penting untuk meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap pesawat yang telah dirancang. Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN telah mengembangkan beberapa metode untuk uji statik. Mulanya, struktur pesawat diuji dengan menggunakan kantong pasir untuk merepresentasikan beban terdistribusi sepanjang sayap pesawat. Kini, Pusat Teknologi Penerbangan menggunakan metode Whiffletree.

Spesifikasi

Whiffletree terdiri dari test rig yang harus mampu menahan beban angkat maksimum pesawat dan dapat merepresentasikan gaya angkat sayap ke arah yang diinginkan. Ketinggian test rig adalah 5 meter dan terbuat dari besi profil H-beam agar dapat memberikan gaya angkat, test rig dilengkapi dengan winch dengan kapasitas 3 ton. Lengan momen terbuat dari dua besi profil “L” yang digabung sehingga menjadi profil “T”. Titik pembebanan pada pengujian statik ini sejumlah titik dan masing-masing dilengkapi dengan load cell untuk mengetahui besar gaya yang terjadi pada titik tersebut. Rancangan whiffletree ini terdiri dari empat tingkatan yang saling dihubungkan dengan kabel sling baja.


Alat Uji Whiffletree

Prinsip Kerja

Pengujian statik sayap pesawat udara menggunakan metode whiffletree ini, dilengkapi dengan load cell untuk mengukur gaya angkat yang terjadi. Satu load cell ditempatkan pada ujung kabel winch dan load cell lainnya ditempatkan pada titik pembebanan di sayap. Untuk mengukur perubahan jarak sayap dilakukan secara manual menggunakan roll meter. Perubahan nilai load cell di rekam menggunakan modul NI 9237 yang terhubung ke data akuisisi NI 9184 dan dimonitor melalui PC. Pada user interface di PC, perubahan gaya yang dialami sayap dapat diketahui dan direkam dalam bentuk raw data.

Pengujian dilakukan dengan menggerakan winch secara bertahap dengan perubahan jarak yang terjadi antara 2-3 cm. Jarak maksimum yang dapat dilakukan sebesar 26 cm untuk mencegah agar sayap uji tidak patah. Pengambilan data dilakukan sebanyak 10 kali dan pengujian dilakukan sebanyak tiga kali agar data yang diperoleh lebih valid.


Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan