Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


LSU-02 Tampil di Event Pameran Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF)
20 Sep 2016 • Dibaca : 2124 x ,

Widada, perekayasa LAPAN menjelaskan produk litbang Pustekbang kepada siswa yang berkunjung ke stand

Pusat Teknologi Penerbangan kembali memperkuat Stand LAPAN dalam ajang  Pameran Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) dari tanggal 20 – 23 September 2016. Pameran yang bertemakan “Inovasi untuk pembangunan berkelanjutan” (Innovation for Sustainable Development) ini  dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani, Rabu (21/09) di Balai Puspiptek, Tangerang Selatan.

Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Muhammad Natsir, perwakilan UNESCO, negara-negara sahabat, dan sejumlah jajaran pejabat Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK).

Dalam sambutannya, Puan mengatakan, “Pencapaian pengetahuan dalam bentuk inovasi membutuhkan dukungan teknologi. Namun, saat ini masih terdapat kesenjangan dalam mencapai kemajuan ilmu pengetahuan, inovasi, dan teknologi di antara bangsa dan negara”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung capaian peningkatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pameran hasil penelitian dan pengembangan (litbang), menjadi media untuk penyampaian informasi seluas-luasnya bagi stakeholder, masyarakat, dan pelaku bisnis.

Dalam event ini LAPAN menampilkan beberapa produk hasil litbangyasa di bidang penerbangan dan antariksa  seperti  mock up pesawat LSU-02, mock up Satelit LAPAN-A2/LAPAN-Orari, serta kemasan informasi tentang hasil litbangyasa di bidang penginderaan jauh, sains antariksa dan atmosfer. Selain itu LAPAN juga menampilkan satu presentatornya dalam kegiatan Business Meeting yaitu Ari Sugeng Budianta yang memaparkan mengenai LAPAN Surveillance UAV (LSU) dan aplikasinya untuk Maritime Surveillance System (MSS) di Indonesia.


 
Event Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) yang diselenggarakan oleh Pemkot Tangerang Selatan dan Puspiptek ini merupakan agenda kegiatan dari WTA (World Technopolish Association), yaitu organisasi non pemerintah yang berbasis pada organisasi multilateral internasional yang didirikan pada tahun 1998 di kota Daejon Republik Korea. Keanggotaan WTA saat berjumlah 95 anggota yang berasal dari 47 negara.  WTA berfungsi untuk menghubungkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dengan pembangunan daerah.  

Adapun tujuan dari penyelenggaraan TGIF ini yaitu untuk : (1) membuat platform internasional dalam inovasi sosial, budaya dan kewirausahaan berbasis teknologi, (2) mendorong terjadinya transfer teknologi, pertukaran informasi dan pengetahuan serta kapabilitas inovasi, (3) mengembangkan klaster inovasi dan STP sebagai pusat unggulan daerah, (4) memperkuat kerjasama dalam rantai produksi inovasi di antara negara-negara WTA.

Sedangkan kegiatan utama dari TGIF 2016 ini meliputi : (1) konferensi dan forum inovasi global, (2) sidang umum WTA, (3) Unesco-WTA Asia Pacific Regional Training/Workshop, (4) Pameran teknologi, (5) berbagai kegiatan pendukung (side event).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan