Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Field Visit Universitas Pertahanan Indonesia di Pustekbang
14 Dec 2016 • Dibaca : 1503 x ,

Empat belas mahasiswa pasca sarjana beserta satu dosen pembimbing dari Prodi Industri Pertahanan Unhan melakukan field visit ke Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Rumpin, Rabu (14/12).

Selaku tuan rumah, Kapustekbang Gunawan S. Prabowo, menyambut baik antusiasme peserta studi visit dan memberikan paparan tentang program Pustekbang yang meliputi litbangyasa yang dilakukan, kerjasama yang dijalin, serta arah industri penerbangan kedepannya.

"Pustekbang merupakan satuan organisasi dibawah naungan LAPAN yang bertugas melakukan riset dan pengembangan pesawat terbang. Kami fokus pada riset pengembangan pesawat tanpa awak, pesawat ringan berawak serta pesawat transport nasional", terang Kapustekbang.

Kapustekbang menambahkan, "Tahun ini kami fokuskan pada sertifikasi pesawat tanpa awak LSU-03 dan peningkatan SDM. Selain itu kami juga menjalin kerjasama dengan beberapa instansi baik dalam maupun luar negeri. Salah satu prestasi kami di tahun ini, LSU LAPAN menjadi acuan nasional untuk standarisasi pemetaan wilayah menggunakan pesawat tanpa awak".

Beliau juga menyampaikan, metode kerja di industri penerbangan pun telah berubah, dimana sistem outsourching telah diterapkan di semua industri rancang bangun pesawat dunia. Komponen penyusun sebuah pesawat tidak lagi dibuat oleh satu perusahaan raksasa saj, namun telah di outsource kan ke perusahaan-perusahaan kecil. Dengan metode seperti itu, maka rancang bangun industri pesawat tumbuh lebih cepat dan dikelola lebih baik. Dalam rentang waktu 5 tahun berdirinya Pustekbang LAPAN ini kami masih harus terus berbenah dan kami yakin kedepannya Pustekbang mampu menjadi Center of Excellent", tutup Kapustekbang.

Selanjutnya dosen pembimbing field visit, Letkol Laut (KH) Dr. Gentio Harsono, ST., M.Si dalam sambutannnya menjelaskan, bahwa maksud dan tujuan kunjungan ini yaitu guna memperdalam ilmu pertahanan dari sudut aeronautika. Dimana Pustekbang LAPAN dipandang sebagai salah satu litbang yang berkompeten dalam bidang ini. "Melalui kegiatan field visit kami berharap dapat meningkatkan pemahaman, pembelajaran sekaligus pengalaman mahasiswa terhadap keadaan rill dan permasalahan di dunia penerbangan saat ini", ungkapnya.

Selesai acara opening, acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Lab. Aerodinamika. Di lab ini para mahasiswa memperoleh penjelasan dari perekayasa LAPAN Natanael, dan diakhiri dengan kunjungan ke Lab. Aerostruktur dengan arahan oleh perekayasa LAPAN Aryandi Marta.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan