Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Uji Drop Test dan Static Test Main Landing Gear N219 Buatan Anak Bangsa
Penulis Berita : Ary • Fotografer : PPES • 10 Feb 2017 • Dibaca : 713 x ,

Engineer LAPAN & engineer PTDI berkolaborasi laksanakan Drop Test dan Static Test landing gear pesawat N219 di Laboratorium Aerostruktur Pustekbang LAPAN. Pengujian yang dilakukan selama 4 hari, pada tanggal 7-10 Februari ini merupakan tahap lanjutan dari pengembangan landing gear pesawat Transport N219 dengan memanfaatkan konfigurasi landing gear dan karet peredam produk TO sebagai acuan.

Untuk diketahui, Landing Gear pesawat N219 ini merupakan landing gear perdana karya anak bangsa hasil konsorsium nasional yang melibatkan lebih kurang 8 industri lokal yaitu: PTDI, STi, PT Pudak, YPTI, MIDC, PT STIL METINDO, PT MBS dan PT IPI.

Dalam pelaksanaan Drop Test, landing gear dipasang pada fuselage dummy sehingga beban totalnya menjadi 2400 kg. Selanjutnya, landing gear dijatuhkan dari berbagai ketinggian mulai dari 5 cm hingga 35 cm. Karakteristik dinamik yang dihasilkan dari landing gear drop test ini di-record oleh data akuisisi dengan kecepatan penyimpanan data mencapai 30.000 sample/detik.

Dalam pelaksanaan Static Test, struktur landing gear dipasang sepuluh sensor strain gauge di sepuluh titik yang telah ditentukan. Selanjutnya, landing gear di posisikan pada kondisi statik-nya untuk selanjutnya diberi pembebanan secara bertahap dengan penambahan beban setiap 500 kg. Total beban yang ditambahkan sebesar 2500 kg sehingga beban keseluruhan yang diterima oleh struktur landing gear menjadi 4900 kg.

Hasil yang didapat dari dua pengujian di atas akan diolah dan dianalisis oleh tim engineer LAPAN & PTDI untuk dijadikan bahan masukan dalam pengembangan konfigurasi struktur landing gear yang lebih optimal.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383



© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan