Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Presentasi Laporan Akhir Kerja Praktek Mahasiswa STTA
Penulis : PPES • Media : • 06 Mar 2017 • Dibaca : 359 x ,

Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) lakukan presentasi hasil kerja praktek di Ruang Rajawali Pustekbang, Rumpin, Senin (06/3). Presentasi yang dilakukan oleh Dede Satria Maulana ini merupakan hasil laporan kerja praktek selama satu bulan di Lab Aerodinamika Pustekbang dibawah bimbingan perekayasa muda LAPAN, Arifin Rasyadi.

Bahasan presentasi yang disampaikan dalam kesempatan ini yaitu Tinjauan Desain Konseptual Rancangan LSU-02 LD. Pesawat LSU-02 Low Drag (LD) merupakan pesawat terbang tanpa awak (PTTA) hasil modifikasi tipe sebelumnya yang dirancang agar lebih effisien, sehingga menghasilkan nilai endurance yang tinggi. PTTA LSU-02 LD ini nantinya dioperasikan di daerah perairan untuk misi pemantauan kapal nelayan asing guna mendukung program kemaritiman pemerintah.

Terdapat beberapa tahapan dalam merancang sebuah pesawat terbang, antara lain: conseptual design, preliminary design, production design, manufacturing, flight test and delivery dan product support.

Pada tahap awal yaitu conceptual design pesawat LSU-02 LD dirumuskan beberapa hal, sebagai berikut:
  1. The maximum takeoff weight (MTOW) di atas LSU-02 dan dibawah LSU-03
  2. Misi pemantauan daerah perairan/laut
  3. Endurance diatas 4 jam
  4. Ketinggian terbang rata-rata 250 meter

Untuk mengurangi hambatan udara pesawat, maka perlu dilakukan beberapa modifikasi antara lain dengan menghilangkan wetted area landing gear, menggunakan wingtip/winglet, dan mendesain bentuk pesawat yang lebih aerodinamis.

Terkait tema atau topik kegiatan praktek atau penelitian yang akan dilaksanakan, memperhatikan pada kepentingan atau kebutuhan masing-masing pihak. Artinya, selain mengacu pada basic akademis masing-masing mahasiswa, tema atau topic yang dipilih juga disesuaikan dengan kebutuhan atau peluang yang tersedia  di unit-unit teknis Pustekbang.

Kerja praktek ini memiliki manfaat bagi perguruan tinggi, instansi dan mahasiswa. Melalui pola seperti ini diharapkan terwujud sinkronisasi antara kurikulum akademis kampus dengan program teknis litbangyasa yang dilaksanakan di Pustekbang. Dengan presentasi akan dapat diketahui capaian hasil Kerja Praktek dan Tugas Akhir  mereka, kalaupun ada kekurangan-kekurangan akan mendapatkan saran dan masukan dari pembimbing dan peneliti senior yang menghadiri acara presentasi tersebut.






Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383



© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan