Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Kunjungan Studi Ekskursi Universitas Gunadarma ke Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN
Penulis : PPES, Triwid • Media : • 06 Apr 2017 • Dibaca : 55 x ,

Sejumlah 120 Mahasiswa/wi didampingi dosen pembimbing Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma laksanakan kunjungan studi ke Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Bogor, Kamis (06/04).

Di Auditorium Garuda Pustekbang, rombongan diterima oleh Kabid Diseminasi, Agus Bayu Utama. Beliau menyambut baik kedatangan mahasiswa dan dosen. Acara dibuka dengan penjelasan tentang LAPAN beserta hasil risetnya. Tidak hanya itu, beliau juga menawarkan kesempatan kepada para mahasiswa Gunadarma untuk melaksanakan Kerja Praktek di Pustekbang.

Agus Bayu juga mengajak para mahasiswa untuk berpartisipasi dalam ajang Komurindo dan Kombat, yang mana seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang edukasi kedirgantaraan ini akan dilaksanakan di Pamengpeuk Garut.

Di akhir sambutannya, beliau berharap agar kunjungan ini dapat memberi gambaran terkait perkembangan riset pesawat terbang di Indonesia. "Kami berharap agar mahasiswa/wi dapat memanfaatkan waktu kunjungan dengan sebaiknya serta jangan malu bertanya kepada engineer LAPAN ketika berkunjung ke laboratorium nantinya", pungkas Kabid Diseminasi.

Senada dengan Kabid Diseminasi Pustekbang, Dosen Pembimbing, Alsen, menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan industri yang bertema "know your world, create your future", dimaksudkan agar mahasiswa/wi dapat mengetahui dunianya serta dapat membangun masa depan mereka untuk menjadi engineer profesional yang mampu bersaing dengan negara lain melalui upaya pembelajaran dan pengenalan dunia industri.

Beliau menambahkan, melalui kunjungan ke Pustekbang LAPAN ini diharapkan mahasiswa/wi dapat menggali serta membuka wawasan terkait apa yang akan dihadapi ketika sudah berada di dunia kerja atau dunia industri untuk menjadi engineer profesional yang mampu berperan aktif dalam memajukan Indonesia khususnya dalam bidang teknologi.

Pada sesi presentasi, para siswa memperoleh paparan materi dari PIC Pemanfaatan Hasil Diseminasi Pustekbang, Ari Sugeng Budiyanta. Pada sesi ini beliau memaparkan profile Pusat Teknologi Penerbangan serta program litbangyasa yang sedang dikembangkan oleh Pustekbang, yang meliputi program litbang pesawat berawak N219, LAA dan LSA serta pesawat tanpa awak MSS.

Usai sesi presentasi, dilanjutkan dengan sesi kunjungan lapangan. Laboratorium dan fasilitas yang dikunjungi meliputi Lab. Aerodinamika, Lab. Aerostruktur, Lab Manufaktur, Lab. Avionik, Cluster Computer dan Ground Station. Rombongan dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok bergilir mengunjungi beberapa fasilitas Lab. LAPAN.

Mahasiswa terlihat antusias mengikuti rangkaian acara kunjungan industri ini, para mahasiswa aktif bertanya kepada para engineer yang bertugas di tiap lab. Para engineer yang bertugas memandu dalam kunjungan ini, antara lain: Arsya R di Lab. Aerodinamika, Aryandi M di Lab. Aerostruktur, Dudi T di Lab. Manufaktur, Iwan N di Lab. Avionik, Nugroho A di Cluster Computer, dan Sonny D di Ground Station.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383



© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan