Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Study Execursie ISTN di Pustekbang LAPAN
Penulis : PPES • Media : • 09 May 2017 • Dibaca : 569 x ,

Sejumlah 27 mahasiswa/wi dari Himpunan Mahasiswa Matematika dan Fisika, Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) lakukan kunjungan ke Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Rumpin, Bogor, Selasa (09/05).

Di ruang Auditorium Garuda Pustekbang, rombongan diterima oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekbang, Agus Bayu Utama. Beliau menyambut baik kedatangan para mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, beliau juga mengajak mahasiswa untuk ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Balon Atmosfer (Kombat). Komurindo-Kombat merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan LAPAN. “Sampai saat ini belum ada perwakilan dari ISTN yang mengikuti ajang kompetisi tersebut. Proses seleksi kompetisi tahun ini sedang berlangsung. Kami berharap kedepannya mahasiswa ISTN dapat ikut berpartisipasi dalam ajang tahunan ini,” ajak Kabid Diseminasi kepada mahasiswa.

Selanjutnya, sesi pemaparan hasil litbangyasa Pustekbang oleh perekayasa LAPAN, Iwan Noviyono. Diawal sesi presentasi ia mengatakan bahwa matematika dan fisika adalah ilmu dasar dari ilmu aeronautika. Ia menambahkan, “Pustekbang membutuhkan lulusan jurusan matematika dan fisika untuk bergabung melakukan riset dan penelitian LAPAN.”

Dalam presentasi dijelaskan produk hasil riset LAPAN yang telah berhasil dikembangkan. Dipaparkan pula capaian hasil produk riset pesawat tanpa awak LAPAN Surveillance UAV (LSU) dan LAPAN Surveillance Aircraft (LSA).

Usai sesi presentasi, tanya jawab dan pembagian doorprize, kemudian dilanjutkan dengan sesi kunjungan lapangan. Fasilitas LAPAN yang dikunjungi meliputi terowongan angin subsonik, cluster komputer, ground station, lab. aerostruktur, lab. manufaktur dan lab. avionik.

Para engineer yang bertugas memandu dalam kunjungan ini, antara lain: Arifin Rasyadi di terowongan angin subsionik, Nugroho Agung di cluster komputer, Sony di ground Station, Dudi Targani di Lab. Manufaktur, Aryandi Marta di Lab. Aerostruktur, dan Nurul Chasanah di lab. avionik.

Para mahasiswa terlihat antusias mengikuti rangkaian study ekecursie, banyak kesan pesan dan ilmu baru tentang penerbangan yang diperoleh usai kunjungan ini.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan