Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Presentasi Hasil Kerja Praktek Mahasiswa Universitas DEL & ITB
30 Aug 2017 • Dibaca : 828 x ,

Tiga mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Del dan tiga mahasiswa Teknik Penerbangan Institut Teknologi Bandung melakukan presentasi hasil kerja praktek di Ruang Rajawali Pustekbang, Rumpin, Rabu (30/8).

Bahasan presentasi yang disampaikan dalam kesempatan ini, yaitu:
  1. Perancangan Sistem Object Tracking Pada Raspberry Pi2 Berbasis Raspbian Dengan Open CV oleh Pedero Wasto Sembiring
  2. Colour Detection and Tracking Using Matlab and Webcam oleh Yosua Sitorus
  3. Perancangan Gimbal Kamera Berbasis GPS Menggunakan Arduino Mega oleh Sion Jenri Sinaga
  4. Simulasi Landing Gear Droptest LSU 02 Menggunakan Software MSC Adams oleh Ilman Naafian
  5. Simulasi Drop Test Nose Landing Gear LSU-02 Menggunakan Software MSC Adams oleh Muhammad Adi Kusnanda
  6. Pengukuran Endurance dan Konsumsi bahan bakar engine LSU-03 oleh Ilham Akbar

Presentasi ini dilakukan seusai para wahasiswa melakukan kerja praktek selama satu bulan di Lab Avionik, Lab Aerostruktur dan Lab Propulsi Pustekbang dengan bimbingan perekayasa muda Donny Hidayat, Imas Setya Dewi dan Prasepvianto Estu.

Terkait tema atau topik dari kegiatan praktek atau penelitian yang akan dilaksanakan memperhatikan pada kepentingan atau kebutuhan masing-masing pihak. Artinya, selain mengacu pada basic akademis masing-masing mahasiswa, tema atau topic yang dipilih juga disesuaikan dengan kebutuhan atau peluang yang tersedia di unit-unit teknis Pustekbang.

Adapun rumusan masalah penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Adi Kusnanda adalah mengetahui cara membuat simulasi drop test nose landing gear menggunakan software MSC ADAMS.

Adapun tujuan ilmiah dari penelitian ini yaitu guna mengetahui cara membuat virtual landing gear drop test (vLGDT) menggunakan software MSC ADAMS dan menghitung besar nilai contact load yang terjadi pada nose landing gear ketika kecepatan jatuh Vsink = 3.05 m/s (10 ft/s) dalam simulasi.

Sedangkan, batasan masalah dalam penelitian ini, antara lain:
  1. Kecepatan jatuh Vsink = 3.05 m/s (10 ft/s) dalam simulasi .
  2. Contact load yang terjadi mempunyai vektor dalam arah normal.

Kerja praktek ini memiliki manfaat bagi Mahasiswa yaitu mampu melakukan simulasi dan analisis dengan menggunakan software MSC ADAMS. Dengan metode ini perancangan virtual landing gear drop test berhasil dilakukan. Pada simulasi didapatkan kecepatan jatuh Vsink 3.04 m/s. Adapun kecepatan yang disyaratkan 3.05 m/s. Didapatkan error terhadap Vsink yand disyaratkan sebesar 0.326%. Ketinggian jatuh pada simulasi ialah 474.2604 mm dari ground. Dari semua input tersebut didapatkan nilai gaya kontak dan GLF optimum pada simulasi ini sebesar 739.249 N dan 19.203.

Melalui pola seperti ini diharapkan terwujud sinkronisasi antara kurikulum akademis kampus dengan program teknis litbangyasa yang dilaksanakan di Pustekbang. Dengan presentasi akan dapat diketahui capaian hasil Kerja Praktek dan Tugas Akhir  mereka, kalaupun ada kekurangan-kekurangan akan mendapatkan saran dan masukan dari pembimbing dan peneliti senior yang menghadiri acara presentasi tersebut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan