Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Presentasi Hasil Kerja Praktek Mahasiswa STTA Yogyakarta, BSI dan Universitas Brawijaya
31 Aug 2017 • Dibaca : 431 x ,

Tujuh mahasiswa yang berasal dari STTA Yogyakarta, Bina Sarana Informatika, dan Universitas Brawijaya melakukan presentasi hasil kerja praktek di Ruang Rajawali Pustekbang, Rumpin, Jumat (31/8).

Bahasan presentasi yang disampaikan dalam kesempatan ini, yaitu:
  1. Analisis Karakteristik Aerodinamika Pesawat LSU-02 NG LD dengan Variasi Sudut Serang dan Kecepatan Berbeda oleh Reza Amsal Ginting
  2. Analisa Aerodinamika Pesawat LSU-02 NG LD Invented V-Tail Menggunakan Software Computional Fluid Dynamic oleh Wildan Fadilah
  3. Pembuatan Aplikasi Peminjaman Alat dan Stock Persediaan Bahan oleh Ilga Agnelia dan Tri Yuni Erawati
  4. Rancang Bangun dan Pengujian Skalab Sistem Pengiriman Video Kamera Guidance Dengan Radio 5,8 Ghz oleh Arie Prayogo Pangestu, Istiqlal Farozi dan Okky Nizka Pratama

Presentasi ini dilakukan seusai para wahasiswa melakukan kerja praktek selama satu bulan di Lab Aerodinamika dan Lab Propulsi Pustekbang dengan bimbingan perekayasa muda Arifin Rasyadi dan Satria Arief.

Terkait tema atau topik dari kegiatan praktek atau penelitian yang akan dilaksanakan, memperhatikan pada kepentingan atau kebutuhan masing-masing pihak. Artinya, selain mengacu pada basic akademis masing-masing mahasiswa, tema atau topic yang dipilih juga disesuaikan dengan kebutuhan atau peluang yang tersedia  di unit-unit teknis Pustekbang.

Adapun tujuan ilmiah dari penelitian yang dilakukan oleh Arie Prayogo Pangestu, Istiqlal Farozi dan Okky Nizka Pratama adalah melakukan pengujian dan rancang bangun sistem pengiriman video kamera guidance dengan radio frekuensi 5.8GHz. Alat ini diharapkan dapat diaplikasikan pada pesawat UAV sehingga pemantauan melalui udara dapat dilakukan secara live stream agar data yang diperoleh dapat diolah secara real time.

Sedangkan, batasan masalah dalam penelitian ini, antara lain:

  1. Penelitian dilakukan dengan sekala lab
  2. Menggunakan radio frekuensi 5,8GHz
  3. Perhitungan dengan kondisi ideal
  4. Nilai panjang kabel dan loss kabel 0 karena tidak menggunakan kabel antena
  5. Jarak pengujian maksimal 700m untuk ground jalan aspal dan 250m untuk ground rumput.

Kerja praktek ini memiliki manfaat bagi Mahasiswa yaitu sebagai sarana dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dibangku perkulianan sekalius menambah wawasan dalam berbagai hal yang ada didalam dunia kerja.

Melalui pola seperti ini diharapkan terwujud sinkronisasi antara kurikulum akademis kampus dengan program teknis litbangyasa yang dilaksanakan di Pustekbang. Dengan presentasi akan dapat diketahui capaian hasil Kerja Praktek dan Tugas Akhir  mereka, kalaupun ada kekurangan-kekurangan akan mendapatkan saran dan masukan dari pembimbing dan peneliti senior yang menghadiri acara presentasi tersebut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan