Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


LAPAN Goes to School Sosialisasikan Modul Penerbangan dan Antariksa ke SMPN 2 Rumpin dan SMAN 28 Tangerang
11 Oct 2017 • Dibaca : 693 x ,

LAPAN lakukan rangkaian sosialisasi modul edukasi penerbangan dan antariksa ke beberapa sekolah di wilayah Jakarta, Tangerang dan Bogor. Bertempat di SMPN 2 Rumpin, Bogor dan SMAN 28 Tangerang, Rabu (11/10). Siswa/wi di kedua sekolah tersebut memperoleh pemaparan tentang modul edukasi Penerbangan dan Antariksa.

Adapun modul edukasi yang telah selesai disusun oleh LAPAN bekerjasama dengan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terdiri dari empat seri. Modul seri I untuk tingkat TK s.d. SD kelas III, Seri II untuk tingkat SD kelas 4 s.d. 6, seri III untuk tingkat SLTP dan seri IV untuk tingkat SLTA.

Pada kegiatan sosialisasi di SMPN 2 Rumpin, materi pertama yang disampaikan meliputi dasar pengetahuan umum tentang keantariksaan dan pengenalan bidang-bidang riset yang dilakukan oleh LAPAN. Selanjutnya dipaparkan materi modul edukasi tentang teknologi penerbangan dan teknologi roket oleh para educator LAPAN yaitu Arifin Rosyadi, Sunaryo, Reni Agustina dan Firmanullah. Selesai acara sosialisasi modul edukasi, dilanjutkan dengan demonstrasi peluncuran roket air di lapangan olahraga SMPN 2 Rumpin, yang disambut sorak sorai para siswa dan guru.

Sementara itu pada waktu yang bersamaan, beberapa educator LAPAN yang terdiri dari peneliti dari Pustekbang dan Pustekroket juga melaksanakan Goes to School ke SMAN 28 di Cisauk, Tangerang. Sebelum laksanakan sosialisasi, tim LAPAN diterima langsung oleh Kepala Sekolah, Bapak Heru Prasusi. Beliau merespon positif kegiatan sosialisasi ini, seraya berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan serta motivasi yang tinggi kepada para siswa tentang teknologi penerbangan dan antariksa.

Tepat pukul 10.00 Wib, dimulai kegiatan sosialisasi modul edukasi penerbangan dan antariksa di aula lantai 2, yang dihadiri oleh sekitar 45 orang siswa dari kelas II IPA dengan didampingi oleh beberapa guru bidang studi terkait. Presentasi pertama tentang ilmu Peroketan dipaparkan secara sistematis oleh Ir. Lilis Mariani, M.Eng, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Roket. Beliau memaparkan banyak hal tentang teknologi roket, mulai dari sejarah asal mula peroketan di dunia, struktur roket, cara kerja roket dan rumus-rumus yang bekerja di dalamnya (seperti Newton 1 sd. Newton III). Disela-sela presentasi, beliau memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengajukan pertanyaan.



Presentasi sesi kedua tentang ilmu Penerbangan, disampaikan oleh Sdr. Rizky Fitriansyah, S.T. (Fungsional Analis Pemanfaatan Teknologi Penerbangan).

Rizky memaparkan secara apik tentang sejarah penerbangan di dunia, struktur pesawat, cara kerja pesawat, jenis-jenis pesawat sampai dengan perkembangan teknologi penerbangan di LAPAN dan di Indonesia. Para siswa terlihat antusias sekali, yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab.

Presentasi sesi kedua, tentang materi Penerbangan selesai pada pukul 13.00 WIB, dilanjutkan dengan penyampaian pengumuman dari Humas LAPAN tentang informasi Lomba Debat Berbahasa Inggris yang materinya seputar Penerbangan dan Antariksa. Selanjutnya sebagai penutup, tim diseminasi Pusat Teknologi Roket menampilkan demo terbang roket air di lapangan sekolah, yang disambut gembira oleh seluruh siswa.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan