Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Share Knowledge Sebagai Reviewer, Editor dan Proof Reader Karya Tulis Ilmiah Internasional oleh Prof. Evvy Kartini
Penulis Berita : NR, PPES, AtikB • Fotografer : PPES • 29 Mar 2018 • Dibaca : 272 x ,

"Penulisan karya tulis ilmiah bertaraf internasional wajib hukumnya bagi Para Peneliti", terang professor riset Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Prof. Evvy Kartini ketika menceritakan pengalamannya di hadapan para peneliti dan perekayasa Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN pada Kamis, (29/03).

Bertempat di Ruang Auditorium Garuda, Prof. Evvy memberikan pembekalan mengenai tugas Reviewer,Editor serta Proof Reader KTI dan kiat – kiat membuat jurnal yang terindeks scopus.

Beliau bercerita, dengan kemampuan dan aktifitas beliau dalam melakukan penelitian di bidang fisika dan menulis jurnal internasional yang terindeks scopus, beliau mampu menjadi seorang Reviewer KTI/Jurnal baik dalam lingkup Atom Indonesia milik BATAN maupun reviewer skala internasional.

Menurut beliau, tugas dari seorang reviewer adalah mengatasi adanya plagiat dalam penyusunan jurnal/KTI. Jurnal dapat dikatakan berskala internasional apabila jurnal tersebut terindeks scopus maupun terindeks dalam Google Scholar.

Setiap jurnal harus diindeks dan terindeks global agar jurnal tersebut diakui orisinalitas dan eksistansinya. Dalam pembuatan jurnal, diperlukan sumber – sumber terpercaya untuk dijadikan acuan. Sumber – sumber tersebut dapat dicari, diantaranya melalui web sciencedirect.com.

Suatu jurnal akan diperhatikan siapa saja yang mengelolanya, beserta reviewer dan editornya harus jelas. Sebelum ada letter of acceptance dari reviewer, maka editor tidak perlu melakukan tugas apapun terhadap jurnal tersebut. Dan sebelum jurnal tersebut publish, terdapat dua orang proofreading dengan salah satunya adalah editor.

Ada juga beberapa hal yang penting dalam pengecekan sebuah jurnal, terdapat skema penyuntingan jurnal, associate editor yang berperan dalam melihat jurnal tersebut melakukan plagiat atau tidak. Scope dan plagiarism merupakan basic requirement yang diperlukan dalam sebuah jurnal.

Prof Evvy menambahkan, jurnal harus memakai standar template yang sudah ada, misalnya dengan menggunakan reference style, reference tool maupun mendeley. Artikel yang cakupannya tidak sesuai maka ditolak masuk ke jurnal.

Acara yang diikuti oleh peneliti dan perekayasa Pustekbang LAPAN berlangsung selama dua sesi. Sesi ke dua dilanjutkan dengan praktek sebagai reviewer, editor dan proof reader. Sesi ini dipandu oleh Ir.Atik Bintoro, MT.,APU dan Dwi Haryanto, S.Kom.

Pada sesi ke dua ini, tiap peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan beberapa contoh jurnal untuk dijadikan bahan praktek. Melalui acara ini, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan para peneliti untuk menjadi seorang reviewer jurnal berskala Internasional.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan