Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


LAPAN Tampil Dalam Pameran Indonesia Science Day 2018
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 20 Apr 2018 • Dibaca : 276 x ,

Sebagai implementasi peringatan hari jadi Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) ke 27, pada hari Jum’at (20/04), telah diselenggarakan untuk kali pertama kegiatan Indonesia Science Day (ISD) 2018.

Dengan mengusung tema “Science and Technology for Sustainable Life”, sejumlah karya anak bangsa di bidang Iptek ditampilkan pada kegiatan pameran ISD 2018, yang dibuka secara resmi oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, berlangsung pada tanggal 20-22 April 2018 di Gedung PP-IPTEK Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

ISD 2018 merupakan ajang untuk menunjukkan hasil riset dan inovasi yang telah dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi, lembaga litbang dan industri di Indonesia kepada masyarakat, serta menjadi wadah bagi mereka untuk memberikan pendidikan iptek dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa sebagai calon innovator Iptek.

Kegiatan ISD 2018 menampilkan berbagai program sains, seperti kompetisi sains, talkshow, pertunjukan seni dan berbagai pertujukan program sains interaktif, seperti : Puppet Show, Science Show, Robo Soccer Show, Water Rocket Show, Gastronomi Molekuler dan Eco Garden.

Dalam rangkaian acara pembukaan ISD 2018, Kemenristekdikti, M. Nasir juga meresmikan 2 wahana baru, yaitu Self Balancing Wheel dan Stereo Visual. Beliau juga menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PP-IPTEK dengan 8 lembaga industri yang mencakup bidang focus pertahanan dan kesehatan, yakni PT Biofarma, PT. Dirgantara Indonesia, PT. Pindad, PT. Inti, PT. Len, PT. Inuki, PT. Dahana dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan penandatanganan BAST antara PP-IPTEK dengan PT. Kalbe.

Dalam ISD 2018 ini, LAPAN ikut berpartisipasi dalam kegiatan pameran yang diikuti oleh 41 lembaga, baik pemerintah maupun swasta yang terdiri dari 15 Perguruan Tinggi dan 26 lembaga litbang, LPNK, Industri Strategis dan komunitas. Dalam event pameran ini, Stand LAPAN mendiseminasikan sejumlah produk litbangyasa dari semua kedeputian LAPAN. Dari Kedeputian Teknologi Penerbangan dan Antariksa ditampilkan mock-up serta foto Citra dari Satelit LAPAN A2 dan LAPAN A3, Roket dari berbagai tipe, Miniatur Pesawat Nurtanio, Pesawat Lapan Surveillance UAV (LSU) Tipe 02 berikut simulatornya, banner Citra Satelit serta penyelenggaraan Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN Orari (IO-86) Amatir dengan Radio Genggam yang diikuti lebih dari 80 orang perwakilan Siswa dan 8 Guru SLTA se Jakarta. Dari Kedeputian Sains mendiseminasikan tentang rencana pembangunan Observatorium Nasional Timau serta Sistem Embaran Maritim. Kemudian dari Kedeputian Penginderaan Jauh mendiseminasikan Aplikasi LAPAN Fire Hotspot, Sistem Bank Data Penginderaan Jauh serta banner Citra Satelit dengan sejumlah pemanfaatannya.

Keikutsertaan stand LAPAN dalam ajang perdana Indonesia Science Day 2018 selama tiga hari penyelenggaraan 20-22 April 2018 cukup diminati pengunjung. Tercatat lebih dari 650 an pengunjung yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum menyambangi stand LAPAN.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan