Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


LAPAN Tampil Dalam Pameran IPEXPO 2018
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 26 Apr 2018 • Dibaca : 246 x ,

Dalam rangka ikut memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-18, LAPAN ikut berpartisipasi dalam pameran Intelectual Property Expo (IPExpo) 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Kegiatan akbar tersebut digelar pada Kamis (26/04) di Lapangan Parkir Timur Monas, Jakarta dengan  mengusung tema nasional “Generasi Indonesia yang Inovatif, Kreatif, dan Berkarakter” dan tema dari World Intellectual Property Organizaton (WIPO) yakni “Powering Change : Women in Innovation and Creativity”.

Tema yang diangkat tersebut menunjukkan bahwa Indonesia menyadari perkembangan ekonomi global yang berbasis pengetahuan (knowledge) dan inovasi merupakan mesin pertumbuhan ekonomi yang utama. Oleh karena itu Indonesia menjadi Negara yang mendukung kemajuan dan perkembangan inovasi dan teknologi sebagai sarana untuk mempermudah kehidupan manusia.

LAPAN ikut ambil bagian pada IP Expo 2018 khususnya pada pameran produk Kekayaan Intelektual yang juga disandingkan dengan pameran Indikasi Geografis (pasar kopi, lelang kopi). Kegiatan pameran tersebut dibuka oleh Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Laoly, Ph.D.

Materi kekayaan intelektual yang dipamerkan LAPAN meliputi 16  produk inovasi di bidang penerbangan dan antariksa yang belum lama ini tercatat dalam hak paten milik LAPAN, diantaranya drone dan perangkat digital pada pesawat terbang dan roket. Selain itu juga ditampilkan miniature pesawat LSU-03, miniature pesawat N219, Roket Komurindo dan prototype Satelit LAPAN.

Meskipun sudah ada pihak yang memanfaatkan produk LAPAN itu, namun belum banyak yang mengetahui berbagai inovasi yang telah dihasilkan LAPAN. Untuk itu Kabag Humas LAPAN, Jasyanto, dalam sesi wawancara dengan reporter TVRI disela-sela IPExpo, mengatakan, LAPAN akan lebih aktif mensosialisasikan produk LAPAN untuk mendapatkan lebih banyak stakeholder yang akan menggunakannya.

Beliau juga mengatakan, dengan kehadiran LAPAN dalam IP Expo ini diharapkan paten-paten LAPAN yang telah diregistrasi oleh Kemenkum dan Ham bisa diserap atau digunakan oleh industri-industri ataupun stakeholder yang terkait untuk bisa digunakan atau diproduk atau ada yang dihilirisasi dari produk LAPAN ini. Dalam kesempatan tersebut, Kabid Inovasi LAPAN, Henny Sulistyowati juga mengatakan, LAPAN mengundang perusahaan pemula berbasis teknologi yang nantinya akan mendukung atau mensuport part atau subsistem atau komponen dari satu sistem besar produk yang akan digunakan seperti satelit, roket, maupun pesawat terbang. Selain industry besar yang kini telah menggunakan produk patennya, LAPAN juga berharap produknya dapat memberikan jalan kepada perusahaan pemula untuk memproduksi hasil karya LAPAN secara masif.

Diperkirakan sekitar 2000 orang terlibat dan berpartisipasi dalam Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-18 ini, yang terdiri dari perwakilan kementerian dan lembaga, provinsi, Negara-negara sahabat, organisasi internasional, Lembaga Manajemen Kolektif Nasional, Konsultan KI, Perguruan Tinggi, Industri Kreatif, Kementerian Hukum dan HAM baik dari pusat maupun daerah, pemangku kepentingan KI lainnya, dan masyarakat umum.

Dalam pameran sehari Intelektual Property Expo 2018 tersebut, stand LAPAN memperoleh Juara Pertama untuk kategori Booth Terinovatif.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan