Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Peneliti Pustekbang Turut Hadiri FGD TNI AL Bertema Maritim Surveillance
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 23 May 2018 • Dibaca : 172 x ,

Sebagai instansi pemerintah yang diberi amanah untuk mengembangkan teknologi penerbangan dan antariksa di Indonesia, LAPAN khususnya satker Pustekbang terus berupaya melakukan kegiatan litbangyasanya dengan terus berinovasi mengikuti trend serta melakukan pengembangan teknologi pesawat terbang saat ini, termasuk Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Bertempat di Wisma Elang Laut, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/05), Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Diskumal) TNI Angkatan Laut menggelar Focus Group Discussion (FGD) tahun 2018 bertajuk Penggunaan Drone dan Wahana Bawah Air. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Waasops Kasal) Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M.

Kegiatan FGD diikuti sebanyak 100 orang yang berasal dari Kementerian Pertahanan RI, Mabes TNI, Mabesad, Mabesal, Kotama TNI AL, Mabesau serta perwakilan dari Kementarian/Lembaga dan Akademisi. FGD kali mengangkat tema “Penggunaan Drone dan Wahana Bawah Air dari Aspek Hukum dan Operasi”.

Pada kegiatan FGD tahun 2018 menghadirkan beberapa narasumber dari Dekan Fakultas Manajemen Universitas Pertahanan RI Laksda TNI Dr. A Octavian S.T., M.Sc., D.E.S.D., Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) Ir. Endang Mugia M.T dan Kementerian Perhubungan dengan dimoderatori oleh Sekretaris Dinas Hukum Angkatan Laut (Sekdiskumal) Kolonel Laut (KH) Joko Sulistiyanto, S.H., M.H.

Dari LAPAN, Ir. Endang Mugia M.T menyampaikan presentasi terkait pengembangan UAV yang dilakukan di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN. Pada sela presentasi, beliau mengatakan “Kami mengakui bahwa saat ini, teknologi yang kami kembangkan masih belum secanggih negara-negara maju di dunia. Namun kami optimis dan berkomitmen untuk terus melakukan penelitian secara bertahap, sehingga kelak ketika sampai pada generasi anak cucu kita, blue print serta road map pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa kita bisa menyamai bahkan melebihi apa yang dikembangkan negara maju lain”.

Sementara itu kegiatan ditutup secara langsung oleh Kepala Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM., PhD. Dalam amanatnya Kadiskumal mengatakan bahwa dengan telah terlaksananya kegiatan Focus Group Discussion ini diharapkan mendapat masukan-masukan, informasi dan pengetahuan serta gagasan pemikiran relevan yang telah dikemukakan baik oleh para narasumber maupun dari seluruh peserta FGD. “Sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam menyikapi permasalahan penggunaan drone dan wahana bawah air ditinjau dari aspek hukum dan operasi”, ungkap Kadiskumal.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan