Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


LAPAN GELAR SEMINAR NASIONAL IPTEK PENERBANGAN DAN ANTARIKSA (SIPTEKGAN) KE-XXII TAHUN 2018
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : abdulaziz • 24 Jul 2018 • Dibaca : 197 x ,

Sebagai rangkaian kegiatan Hakteknas Ke-23 Tahun 2018, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) kembali menggelar Seminar Nasional Iptek Penerbangan dan Antariksa (SIPTEKGAN) Ke-XXII Tahun 2018, Selasa (24/7), di Graha Widya Bhakti, DRN, Puspiptek Serpong, Tangsel. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaludin tersebut, dan menghadirkan tiga pembicara utama, yaitu : Prof. Dr. Wahyu Widada (LAPAN), Amich Alhumami, MA, M.Ed, Ph.D (Bappenas RI), dan Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng. (Universitas Indonesia).

Seminar ilmiah yang merupakan ajang diseminasi hasil penelitian dan perkembangan terkini di bidang teknologi penerbangan dan antariksa ini diselenggarakan oleh LAPAN bekerjasama dengan Ristekdikti, Himpenindo, DRN dan IAEC, dengan mengusung tema “Iptek Penerbangan dan Antariksa untuk Kemandirian Bangsa”.

Dalam kata sambutannya Kepala LAPAN berharap komunitas ini dapat terus berkembang untuk bisa saling memperkuat, saling mengisi agar perkembangan Iptek Penerbangan dan Antariksa Indonesia terus maju dan menuju pada kemandirian.

Siptekgan yg dilaksanakan setiap tahun tentu dimaksudkan untuk menjalin komunikasi antar peneliti, perekayasa, komunitas litbang Iptek penerbangan dan antariksa, shg bisa saling bertukar informasi, saling berbagi gagasan untuk bersama-sama mengembangan Iptek Penerbangkan dan Antariksa.

Hal ini senada dengan Renstra LAPAN 2015-2019, yang mencanangkan Visi sebagai Pusat Unggulan Iptek Penerbangan dan Antariksa, dan itu diwujudkan dgn mengarahkan Pusat-pusat Teknis di LAPAN dengan 7 program utama, yang juga terkait dengan kajian kebijakan untuk diarahkan menjadi Pusat Unggulan Iptek yang dibina oleh Kemenristekdikti.

Selanjutnya, pada sesi presentasi pembicara utama, Prof. Dr. Wahyu Widada dari LAPAN, mengawali presentasi dengan memaparkan materi tentang “Pengembangan Sistem Tracking Roket (Rocket Tracking Telemetry System)”, kemudian dilanjutkan presentasi dari Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Indonesia yang menyampaikan materi tentang “Research Intelligence : Evidence – Base Policy – Making”, dan sebagai pamungkasnya, penyampaian materi dari Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek dan Budaya - Bappenas RI, Amich Alhumami, MA, M.Ed, Ph.D, yang menyampaikan materi tentang “Siginifikansi Keantariksaan Dalam Pembangunan”.

Siptekgan Ke-XXII menyajikan 40 makalah yang berasal dari LAPAN, LIPI, Dislitbang TNI AU dan beberapa Perguruan Tinggi yaitu ITB, UNNUR Bandung, AKPRIND Yogyakarta, PENS Surabaya, dan Poltek Caltex Riau. Dari jumlah makalah tersebut, 12 makalah dipresentasikan oral dan 28 makalah lainnya dipresentasikan dalam poster.

Seminar nasional tahunan ini menjadi ajang temu ilmiah bagi seluruh stakeholders seperti peneliti, akademisi, industry dan praktisi untuk berbagi ilmu dan pengalaman, serta munculnya karya-karya kreatif dan inovatif bidang teknologi penerbangan dan antariksa yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi pembangunan Nasional.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan