Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


PUSTEKBANG LAPAN PRAKARSAI WORKSHOP AMPHIBIAN AIRCRAFT CONFIGURATION AND AIRCRAFT COMPOSITE PRIMARY STRUCTURE
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid, abdulaziz • 12 Sep 2018 • Dibaca : 49 x ,

Bertempat di Santika Premier ICE BSD, Serpong, Rabu (12/09) Pustekbang LAPAN prakarsai Workshop Amphibian Aircraft Configuration and Aircraft Composite Primary Structure. Acara yang dibuka secara langsung oleh Kapustekbang LAPAN, Gunawan S. Prabowo, dihadiri oleh para stakeholder dari PTDI, DKUPPU, ITB, ITS, BTP BPPT, Balai Teknologi Hidrodinamika BPPT dan Balai Riset dan Observasi Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dalam sambutannya, Gunawan S. Prabowo mengharapkan melalui workshop ini dapat diperoleh masukan dari semua stakeholder terkait untuk dapat mensukseskan program pengembangan pesawat 219 Amphibi yang saat ini sudah berstatus sebagai proyek nasional. Proyek ini merupakan proyek Amphibi pertama yang diproyeksikan untuk mencapai target operasional. Untuk itu, ditargetkan pada tahun 2021 pesawat ini telah mencapai tahapan first flight. Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan besar bagi LAPAN dan PTDI, untuk mengoperasionalkan dan mensertifikasikan pesawat ini. Untuk diketahui bersama, saat ini pengembangan N219 Amphibi sudah melalui tahapan uji wind tunel dan uji hidrodinamika.

Melalui workshop ini beliau mengharapkan adanya sinergitas dari beberapa Pusat Unggulan Iptek (PUI) yang ada di Indonesia. Seperti Balai Teknologi Polimer BPPT untuk pengembangan kandungan lokal dan stuktur komposit. BTH BPPT dalam pengujian Hdirodinamika. Kemudian terkait prediksi cuaca dan environtment dapat dilakukan oleh Balai Riset dan Obserrvasi Laut dan banyak sinergi yang dapat dikembangkan dengan beberapa PUI lainnya. Sinergi diantara PUI ini krusial untuk segera diwujudkan dan dikembangkan, dalam rangka menyikapi rencana pemerintah untuk melahirkan Badan Riset Nasional.

Workshop sehari ini dibagi dalam dua materi utama yaitu Amphibian Aircraft Configuration dan Aircraft Composite Primary Structure.

Beberapa narasumber pakar dari berbagai bidang ikut tampil dalam workshop ini, seperti Bambang Sumantri dari PTDI, Joko Sarjadi dari ITB, Alphada dari DKUPPU Kemenhub, Bambang Kismono Hadi dari ITB, Aries Sulistyono dari ITS, Erwandi dari BTH BPPT, Kartini Ismiyati, PTDI, dan Onny Ujianto dari BTP BPPT.

Kedepannya, melalui sinergi dari beberapa stakeholder dan PUI yang ada, dapat diwujudkan sebuah konsorsium pengembangan N219 Amphibi yang efektif, baik dari aspek operasi dan sertifikasinya, tetapi juga dari aspek pengembangan teknologinya. (Trw)

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan