Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : abdulaziz • 01 Oct 2018 • Dibaca : 97 x ,

Bertempat di lapangan gedung utama Pustekbang, pada hari Senin pagi (01/10) seluruh karyawan Pustekbang melaksanakan upacara Hari Kesaktian Pancasila. Bertindak selaku inspektur upacara, kali ini yaitu Kabid Diseminasi Pustekbang, Dipl.Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.ME. Adapun tema yang diangkat pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini yaitu, “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, merupakan moment untuk mengingatkan kembali sejarah kelam perjalanan bangsa Indonesia, yang ditandai dengan penghianatan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang telah berupaya merebut kekuasaan melalui kudeta di berbagai wilayah Indonesia. Dengan basis massa yang saat itu cukup besar, PKI dengan kekuatan politiknya melakukan aksi yang menimbulkan banyak korban jiwa. Konfrontasi dengan basis masa akar rumput menjadikan peristiwa berdarah PKI begitu terasa hingga masyarakat paling bawah.

Gerakan Berdarah 30 September 1965 di Jakarta, merupakan peristiwa yang paling fenomenal yang dilakukan oleh gerombolan PKI, yaitu dengan melakukan aksi penculikan terhadap beberapa petinggi Angkatan Darat, hingga berakhir dengan aksi pembunuhan kejam di Lubang Buaya. Fakta sejarah tidak terbantahkan, PKI memang berniat merebut kekuasaan secara politik dengan mengorbankan banyak jiwa. Meskipun mereka telah mendoktrin bahwa tindakannya untuk menyelamatkan negara menurut versi mereka.

Untuk mengenang peristiwa bersejarah ini, Presiden Soekarno telah menerbitkan Keppres RI Nomor 153 Tahun 1967 tentang Penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Keputusan Presiden ini merupakan salah satu cermin bagi tiap generasi agar tidak kembali terjerumus pada peristiwa kelam masa lalu dan senantiasa menatap masa depan dengan penuh optimisme.

Bahwa Pancasila merupakan satu kesepakatan bersama segenap komponen bangsa Indonesia untuk bersatu, bergotong royong bersama membangun bangsa dan negara Republik Indonesia menuju kejayaan dalam kebhinekaan. Inilah ideologi bangsa yang wajib menjadi pegangan seluruh bangsa Indonesia, tanpa meninggalkan nilai-nilai spiritualitas dalam menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa dalam berbagai agama dan keyakinan (TW).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan