Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


SISWA SMK TUNAS CISAUK OUTING CLASS KE PUSTEKBANG LAPAN
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 24 Oct 2018 • Dibaca : 339 x ,

Dalam rangka untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai teknologi penerbangan dan antariksa, SMK Tunas Cisauk, Tangerang pada hari Rabu (24/10) lakukan outing class ke Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN. Dengan didampingi oleh Kepala Sekolah dan 4 orang Guru, 80 siswa siswi dari jurusan teknik otomotif dan administrasi perkantoran tersebut diterima oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekbang, Dipl.Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.ME di Aula Garuda Pusat Teknologi Penerbangan.

Dalam kata sambutannya, beliau mengharapkan melalui kunjungan ini para siswa SMK Tunas Cisauk dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman mengenai kegiatan litbang yang dilakukan oleh LAPAN pada umumnya dan Pusat Teknologi Penerbangan pada khususnya. Selain itu beliau juga mengharapkan para siswa untuk terus meningkatkan motivasi belajar dan kompetensinya, agar kelak berguna tidak hanya bagi dirinya, tapi juga bagi keluarga, bangsa dan negaranya.

Selanjutnya, Drs. Agus Simamora, selaku Kepala Sekolah SMK Tunas Cisauk, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesediaan Pustekbang LAPAN dalam menerima kunjungan outing class para siswa didiknya. Serta menyampaikan kekagumannya atas litbang penerbangan dan antariksa yang dikembangkan oleh LAPAN. Melalui kunjungan ini beliau berharap sekali agar para siswa didiknya memperoleh pengetahuan dan pemahaman mengenai teknologi penerbangan dan antariksa yang dikembangkan oleh LAPAN, sehingga dapat lebih meningkatkan semangat dan motivasi belajar para siswa didiknya. Beliaupun berharap kelak para siswa didiknya dapat diberikan kesempatan untuk melaksanakan PKL di Pusat Tenologi Penerbangan sesuai dengan jurusan kompetensinya.

Selanjutnya para siswa memperoleh pengenalan mengenai profile LAPAN dan Pusat Teknologi Penerbangan dari engineer Pustekbang, Prasepvianto, MT. Kemudian dilanjutkan dengan shearing pengalaman menjadi penerbang oleh peneliti sekaligus penerbang LAPAN, Febri Kendari Siahaan, ST.

Antusiasme para siswa SMK Tunas Cisauk ini cukup tinggi terhadap materi yang dipresentasikan oleh engineer dan penerbang Pustekbang. Hal ini ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan seputar materi penerbangan dan antariksa.

Setelah acara opening ceremony, para siswa melakukan visitasi ke ruang Arsip dan Perpustakaan Pustekbang. Di sini mereka selain melihat-lihat juga memperoleh penjelasan mengenai tata kelola kearsipan di Pustekbang oleh Ibu Euis Komalasari dan Bapak Mukhlis. Kemudian para siswa juga memperoleh penjelasan mengenai system pengelolaan repository Perpustakaan Pustekbang oleh Ibu Renny Agustina.

Sebagai suguhan yang menarik, di halaman depan gedung Pustekbang para siswa pun disuguhi atraksi demo terbang drone quadrotor oleh engineer Prasepvianto, MT. Mereka tampak senang dan gembira karena dapat foto bersama dengan drone tersebut. Selanjutnya, para siswa dan guru SMK Tunas Cisauk yang dibagi dalam dua kelompok, berkesempatan melakukan kunjungan ke fasilitas laboratorium Aerostruktur untuk melihat proses desain dan pembuatan pesawat tanpa awak (Lapan Surveillance Uav). Di akhir kunjungan, mereka juga berkesempatan menyambangi Ground Station Pusat Teknologi Satelit untuk mengetahui system pengoperasian dan pemanfaatan Teknologi Satelit LAPAN.

Meskipun harus berjalan kaki dari lab yang satu ke lab yang lain, namun rasa senang dan gembira terpancar dari wajah-wajah para Tunas Bangsa tersebut, seraya berharap suatu saat dapat berkunjung kembali ke Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN.(Triwid).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan