Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


LAPAN TAMPIL DALAM AJANG INDONESIA SCIENCE EXPO 2018
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : Ristek, Biro Setpres dan LAPAN • 01 Nov 2018 • Dibaca : 74 x ,

LAPAN tampil dalam ajang Indonesia Science Expo 2018 (ISE 2018) yang digelar oleh LIPI di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Banten. Acara tersebut resmi dibuka untuk pertama kalinya oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (1/11/2018).

Adapun tema ISE 2018 adalah, “Celebrating Science and Innovation” dengan tujuan utama untuk mengkomunikasikan atau memasyarakatkan apa yang telah dilakukan peneliti Indonesia dalam bidang riset dan manfaatnya bagi masyarakat luas, demikian penjelasan Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, dalam pembukaan acara.

Pada sambutan utama, Presiden Joko Widodo mengapresiasi riset dari peneliti muda dan mendorong terobosan baru dari ilmu pengetahuan teknologi dan inovasi. Namun demikian, Presiden Joko Widodo mengatakan perubahan yang cepat terhadap penggunaan teknologi informasi saat ini harus dibarengi dengan standar moralitas yang semakin tinggi pula.

“Perkembangan teknologi informasi juga membawa tantangan baru dalam moralitas kemasyarakatan kita dan juga di dunia,” kata beliau.

Presiden mengatakan mengenai munculnya fenomena media tanpa redaksi, membuat setiap warga bisa menjadi wartawan karena ada peristiwa dan informasi langsung dimunculkan di media sosial. “Rapat redaksi yang dulu tertata rapi, sekarang digantikan oleh peran medsos. Benar tidaknya dan jempol atau like menjadi pemimpin redaksi sekarang ini. Semua bisa menginformasikan apapun,” jelasnya.

Menghadapi kondisi yang demikian, regulasi dan peraturan pemerintah tidak cukup menyelesaikan masalah, karena tidak semua bisa dipagari oleh peraturan dan regulasi, kata Jokowi. “Yang dibutuhkan sekarang adalah standar moralitas yang semakin tinggi berbarengan dengan penggunaan teknologi itu. Teknologi yang disalahgunakan harus dihadang dengan teknologi lain yang dipandu oleh standar moralitas yang tinggi,” tegas Presiden.

Beliau mengatakan lembaga dan institusi yang bisa menghadapi dan relevan untuk menghadapi tantangan teknologi informasi saat ini adalah lembaga penelitian. Dalam menghadapi tantangan saat ini, lembaga penelitian dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi juga perlu kerjasa sama dengan Pemeritah, lembaga pendidikan, industry dan mitra-mitra strategis yang lainnya.

Selesai sambutan pembukaan, Presiden Jokowi didampingi oleh Menristekdikti, Seskab Pramono Anung, dan Kepala LIPI melakukan kunjungan ke seluruh area pameran Indonesia Science Expo 2018.

Pameran sains dan inovasi ini merupakan gelaran yang ketiga oleh LIPI sejak tahun 2016. Ajang ini tidak sekedar sebagai wadah pertemuan kalangan peneliti mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga level profesional, tetapi juga berfungsi sebagai event untuk menampilkan sejumlah hasil riset karya anak bangsa sebagai kontribusi terhadap perkembangan Iptek dan arah Ilmu Pengetahuan Indonesia. Pameran ini diikuti oleh seluruh satuan kerja LIPI, LAPAN, beberapa lembaga litbang pemerintah dan swasta, serta beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Pada ajang pameran ini LAPAN kembali berpartisipasi dengan menampilkan sejumlah produk litbangyasanya, seperti miniature dan mock-up Lapan Surveillance Uav (LSU), pesawat N219, Satelit LAPAN A3, serta flexi banner informasi produk litbangyasa dari semua kedeputian LAPAN.

Animo pelajar yang berkunjung ke pameran pada hari pertama cukup tinggi. Mereka juga banyak yang menyambangi stand LAPAN, karena tertarik dengan produk pesawat tanpa awak, pesawat N219 dan Satelit. Mereka ini sebagian besar berasal dari kalangan sekolah dasar sampai dengan SLTA di kawasan Tangerang dan Bogor.

Dalam pameran tersebut, 140 tim remaja yang menjadi peserta enam kompetisi sains nasional hadir memamerkan karya penelitian serta inovasi mereka di bidang teknologi. Keenam kompetisi tersebut adalah Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventors Award (NYIA) yang diselenggarakan oleh LIPI; Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) oleh Kemendikbud; Kalbe Junior Science Awards (KJSA) oleh PT. Kalbe; Kompetisi Sains Madrasah oleh Kemenag; dan Lomba Peneliti Belia Nasional (LPB) oleh Center for Young Scientist.

Selain pameran, juga ada sejumlah agenda dalam ajang Indonesia Science Expo 2018 yang digelar mulai Kamis hingga Minggu, 4 November mendatang, diantaranya diskusi yang mengambil tema “Teknologi Nuklir untuk Kesehatan Publik” dan juga Seminar Internasional mengenai “Kontribusi Teknologi bagi penanganan wilayah terdampak Bencana Alam”. (TW).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan