Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


UIN SYARIF HIDAYATULLAH STUDI EKSKURSI KE PUSTEKBANG LAPAN
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 30 Oct 2018 • Dibaca : 181 x ,

Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN menerima kunjungan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Selasa (30/10/018). Rombongan mahasiswa yang berjumlah 135 orang dan didampingi 1 Dosen Pembimbing ini diterima langsung oleh Kabid Diseminasi Pustekbang, Dipl.Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.ME. di Aula Garuda Lantai 2.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat secara nyata penerapan ilmu sains dan teknologi yang dipelajari di universitas dan bagaimana implementasinya di lapangan.

Dalam sambutannya, Agus Bayu Utama menyampaikan, melalui kunjungan studi ini diharapkan para mahasiswa dapat memperoleh wawasan pengetahuan mengenai teknologi penerbangan, serta memiliki gambaran awal mengenai bidang apa yang kiranya sesuai dengan basic keilmuan yang telah diperoleh atau diajarkan di kampus.

Hampir senada dengan apa yang disampaikan Kabid Diseminasi Pustekbang, Dosen pembimbing UIN Syarif Hidayatullah, Ryan Rizaldi, M.Si menyampaikan terima kasih atas kesediaan Pustekbang LAPAN untuk menerima kunjungan studi dari Himpunan Mahasiswa Fisika UIN. Beliau berharap melalui kunjungan ini semoga banyak hal positif yang bisa dieksplorasi oleh para mahasiswanya guna lebih memahami mengenai implementasi ilmu fisika dalam pengembangan teknologi penerbangan.

Selesai opening ceremony, para mahasiswa melaksanakan visitasi ke lab Subsonik, lab. Aerostruktur, Lab. Manufaktur UAV dan diakhiri dengan kunjungan ke Ground Station Satellite LAPAN.

Di Lab Subsonik para mahasiswa memperoleh penjelasan dari Peneliti Pustekbang, Kurnia Hidayat, S.Si mengenai spesifikasi dan cara kerja dari terowongan angin Subsonik. Kemudian pada kunjungan ke lab Aerostruktur, para mahasiswa memperoleh penjelasan mengenai cara kerja Drop Test Landing Gear pesawat serta kegiatan Wing static test oleh Peneliti Nur Mufidatul Ula, S.Si. Selanjutnya di lab Manufaktur para mahasiswa memperoleh penjelasan mengenai proses desain dan manufaktur UAV oleh Litkayasa Dudi Targani, ST.

Pada akhir kunjungan, para mahasiswa UIN juga berkesempatan untuk mengunjungi fasilitas Ground Satellite LAPAN. Di tempat ini mereka mendapatkan penjelasan teknis dari Peneliti Sony, ST. Para mahasiswa terlihat cukup puas dengan kunjungan paruh waktu tersebut, serta berharap suatu saat dapat berkunjung kembali ke Pustekbang LAPAN dengan inovasi teknologinya yang lebih maju lagi. (TW).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan