Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


MAHASISWA FMIPA UAD YOGYAKARTA KUNJUNGI PUSTEKBANG LAPAN
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 06 Nov 2018 • Dibaca : 70 x ,

Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN untuk kesekian kalinya menerima kunjungan studi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Seperti pada hari Senin (6/11/018) Pustekbang kembali menerima kunjungan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisika FMIPA Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Rombongan mahasiswa yang berjumlah 43 orang mahasiswa dan 2 Dosen Pembimbing ini diterima langsung oleh Kabag Administrasi Pustekbang, Encung Sumarna, ST di Aula Garuda Lantai 2 Gedung Manajemen Pustekbang.

Dalam sambutannya, Encung Sumarna menyampaikan, meskipun harus menempuh jarak yang jauh dan melelahkan dari Yogyakarta, semoga tidak mengurangi semangat dan motivasi para mahasiswa UAD untuk mengeksplorasi pengetahuan dan informasi terkait kegiatan litbangyasa teknologi penerbangan di Pustekbang. Harapan kedepannya, semoga semakin banyak mahasiswa UAD yang berminat untuk melaksanakan kerja praktek ataupun berintegrasi menjadi pegawai di Pustekbang LAPAN.

Bak gayung bersambut, Kaprodi Fisika FMIPA UAD, Damar Yoga Kusuma, Ph.D. menyampaikan terima kasih atas kesediaan Pustekbang LAPAN untuk menerima kunjungan studi dari Himpunan Mahasiswa Fisika UAD. Beliau berharap melalui kunjungan ini, disamping untuk mempererat tali silaturahim juga diharapkan dapat lebih meningkatkan lagi kualitas kerjasama yang telah dijalin selama ini antara Pustekbang LAPAN dengan UAD. Beliau juga berharap semoga banyak hal positif yang bisa dieksplorasi oleh para mahasiswanya terkait implementasi ilmu fisika dalam litbangyasa teknologi penerbangan.

Pada acara berikutnya, Engineer Pustekbang Aryandi Martha, ST memberikan paparan mengenai profile Pustekbang dan juga implementasi ilmu fisika dalam beberapa kegiatan penelitian di Pustekbang, seperti pengujian wing static test UAV dan uji drop test landing gear Pesawat N219.

Selesai opening ceremony, para mahasiswa UAD melaksanakan visitasi ke beberapa lab yang ada di lingkungan Pustekbang, seperti lab Supersonik, lab. Aerostruktur, lab. Manufaktur UAV dan diakhiri dengan kunjungan ke Ground Station Satellite LAPAN.

Di Lab Supersonik para mahasiswa memperoleh penjelasan dari Engineer Pustekbang, Kurnia Hidayat, S.Si mengenai spesifikasi dan cara kerja dari terowongan angin Supersonik. Kemudian pada kunjungan ke lab Aerostruktur, para mahasiswa memperoleh penjelasan mengenai cara kerja Drop test landing gear pesawat serta kegiatan Wing static test oleh Engineer Pustekbang Mukhlis dan Yusuf Giri Wijaya. Selanjutnya di lab Manufaktur para mahasiswa juga memperoleh penjelasan mengenai proses desain dan manufaktur Lapan Surveillance UAV (LSU) oleh Teknisi Litkayasa Dudi Targani, ST.

Pada akhir kunjungan, para mahasiswa UAD juga berkesempatan untuk mengunjungi fasilitas Ground Satellite LAPAN. Di lab ini mereka memperoleh penjelasan mengenai program litbangyasa Satelit LAPAN serta teknis pengoperasian dan pemanfaatan Satelit LAPAN dari Peneliti Sonny Dwi Harsono, ST. Para mahasiswa terlihat cukup puas dengan visitasi lab tersebut, dan berharap suatu saat dapat berkunjung kembali ke Pustekbang LAPAN. (TW).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan