Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


APRESIASI PENETAPAN PUSAT UNGGULAN IPTEK (PUI), PRESTASI PUNCAK PUSAT TEKNOLOGI PENERBANGAN DI PENGHUJUNG 2018
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 13 Dec 2018 • Dibaca : 355 x ,

Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) raih prestasi puncak di penghujung tahun 2018. Capaian emas itu diperoleh melalui penetapan Pustekbang sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) untuk Desain Pesawat Udara. Prestasi ini dikukuhkan pada acara “Penganugerahan Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2018” yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti di Nusantara Hall II, Indonesia Convention Centre (ICE) BSD City, Tangerang Selatan pada Kamis (13/12). Ajang apresiasi akbar di jagat litbang tanah air tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Dr. Muhammad Dimyati dan sejumlah pimpinan lembaga litbang kementerian dan non kementerian, litbang daerah, serta litbang industri seluruh Indonesia.

Penganugerahan PUI Pustekbang diterima langsung oleh Kepala Pusat Teknologi Penerbangan Drs. Gunawan Setyo Prabowo, MT, dan penganugerahan PUI Pusteksat diterima langsung oleh Ir. Mujtahid, MT, dengan disaksikan langsung oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaludin dan tiga Deputi LAPAN, yaitu Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti, Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc, dan Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Drs. Afif Budiyono, MT serta sejumlah pejabat struktural LAPAN.

PUI Pustekbang dan PUI Pusteksat merupakan dua dari 40 PUI yang berhasil meraih predikat Ditetapkan pada tahun 2018 ini. Adapun PUI yang baru meraih predikat Dibina ada 30 PUI, termasuk untuk Pustekroket dan Pussainsa LAPAN. Selain itu Kemenristekdikti juga memberikan apresiasi untuk 16 Balitbang Daerah yang Berkinerja Utama, dan 4 litbang Industri yang Terinovatif. Apresiasi juga diberikan kepada lembaga induk terbaik atas komitmen dan dukungannya dalam pengembangan PUI yaitu kepada tiga Kedeputian LAPAN. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan sertifikat akreditasi dari Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) kepada 16 lembaga litbang, yang salah satunya yaitu Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN, yang diterima langsung oleh Kepala PSTA , Ir. Halimurahman, MT.

Acara apresiasi lembaga litbang ini merupakan agenda tahunan Kemenristekdikti yang ditujukan sebagai upaya untuk memberikan apresiasi terhadap lembaga litbang, baik dalam lingkup litbang kementerian, litbang non kementerian, litbang daerah, dan litbang industri yang telah berkinerja unggul, inovatif dan berdayasaing.

Selain acara apresiasi untuk lembaga litbang, perhelatan tahunan Kemenristekdikti ini juga dilengkapi dengan sejumlah acara seperti Jambore PUI, Forum Silaturahmi PUI, Gelar Produk Unggulan PUI, PUI Corner dan juga Workshop Lembaga Litbang Unggul yang dilaksanakan mulai tanggal 12 – 14 Desember 2018 bertempat di Graha Widya Bhakti (GWB) Puspiptek Serpong dan Indonesia Convention Centre (ICE) BSD City, Tangerang Selatan.

Akhirnya, dengan penetapan Pusat Teknologi Penerbangan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan, sumber daya dan sinergitas kerjasama antar lembaga litbang pada bidang prioritas spesifik, agar terjadi peningkatan relevansi, produktivitas dan pendayagunaan Iptek dalam sector produksi untuk menumbuhkan perekonomian nasional, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (tw).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan