Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


DEMO DRONE DAN PELATIHAN MERAKIT ROKET AIR SAJIAN ISTIMEWA PUSTEKBANG BAGI KUNJUNGAN SDIT MITRA CENDEKIA SERPONG
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 17 Jan 2019 • Dibaca : 262 x ,

Mengawali agenda layanan kunjungan 2019, pada Kamis (17/01) Pustekbang LAPAN menerima kunjungan outing class perdana dari SDIT Mitra Cendekia Serpong. Dengan didampingi oleh 10 orang guru, 100 siswa siswi tersebut diterima oleh Kasubbag SDM dan TU Pustekbang, Sunar, ST.

Dalam kata sambutannya, beliau mengharapkan melalui kunjungan studi ini dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada para siswa, khususnya mengenai teknologi penerbangan dan antariksa. Selain itu, diharapkan juga dapat menumbuh kembangkan keminatan serta cita-cita para siswa di masa depan, misalnya ingin menjadi engineer penerbangan, maupun menjadi seorang penerbang.

Selanjutnya, Yusuf Rahmat, S.Pd, selaku perwakilan guru SDIT Mitra Cendekia Serpong, menyampaikan apresiasinya atas penerimaan yang sangat baik dari Pusat Teknologi Penerbangan dan merasa senang sekali dapat berkunjung untuk yang pertama kalinya ke institusi riset penerbangan ini.

Senada dengan penyampaian pihak Pustekbang, beliaupun berharap sekali pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari outing class ini dapat meningkatkan motivasi belajar para siswanya guna meraih prestasi dan cita-cita masa depannya. Selesai sesi sambutan dilanjutkan dengan acara penukaran cinderamata, yang dilakukan oleh Kasubag SDM dan TU Pustekbang dengan perwakilan SDIT Mitra Cendekia.

Kemudian pada sesi presentasi pertama, para siswa memperoleh paparan materi yang apik dari peneliti Angga Septiyana, S.Si mengenai profile Pustekbang LAPAN. Suasana presentasi demikian menyenangkan, karena pemateri sangat komunikatif kepada para siswa yang hadir.

Sejurus kemudian, perform yang tak kalah menarik juga ditampilkan oleh peneliti sekaligus penerbang satu-satunya LAPAN, Febri Kendari Siahaan, ST. Melalui shearing pengalaman terbangnya, Sdr. Febri mampu memukau seluruh siswa dan guru yang hadir. Antusiasme para pelajar SDIT Mitra Cendekia terhadap materi yang dipresentasikan, sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada para pemateri, yaitu seputar pesawat terbang dan roket. Bagi siswa penanya dan siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan baik, tim Humas Pustekbang menghadiahi mereka dengan doorprize menarik, berupa buku Sang Perintis.

Setelah ishoma, para siswa dan guru lakukan sesi foto bersama sekaligus menyaksikan demo drone di pelataran gedung Pustekbang, yang dioperasikan oleh pilot Yanuar Firmansyah, S.ST.

Tak lama kemudian, ratusan siswa yang telah dibagi dalam dua kelompok tersebut, lanjutkan kunjungan ke Lab. Manufaktur UAV untuk melihat proses pembuatan desain sampai dengan manufaktur UAV. Sementara kelompok yang lain berkunjung ke Ground Station Satelit untuk memperoleh pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi satelit LAPAN.

Selesai kunjungan ke fasilitas lab, sebagai acara puncaknya para siswa memperoleh pelatihan membuat roket air di hanggar Propulsi. Kegiatan tersebut dipandu oleh para teknisi litkayasa Pustekbang, yaitu Riki Firdaus, Suryani, Jajang dan Ujang.

Para siswa yang kemudian dibagi dalam 8 kelompok, tampak antusias dan gembira mengikuti pelatihan pembuatan roket air tersebut. Mulai dari kegiatan pembuatan roket yang disusun dari 2 botol cola plastik ukuran 1 liter, pembuatan sirip roket sampai dengan penyelesaian rancang bangun roketnya, mereka dipandu langsung oleh teknisi Pustekbang dengan dibantu oleh para guru pendamping sekolah.

Kegembiraan para siswa semakin membuncah, pada saat secara bergantian mereka diberikan kesempatan untuk menjajal meluncurkan hasil karya roket airnya di area apron Pustekbang LAPAN. Alhasil, delapan roket air karya tunas-tunas bangsa itu berhasil melesat dengan gagahnya ke angkasa, diiringi dengan tepukan riuh dari ratusan siswa, sehingga tak lagi menghiraukan teriknya matahari di Kamis siang itu.

Namun ephoria peluncuran roket air itu harus berakhir pada pukul 15.00 Wib, karena mereka harus kembali ke rumah, untuk membagi cerita gembira mereka kepada para orangtua tercinta di rumah.(tw)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan