Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK PENERBANGAN OTTO LILIENTHAL ITB KUNJUNGI PUSAT TEKNOLOGI PENERBANGAN – LAPAN
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 08 Feb 2019 • Dibaca : 197 x ,

Pada Jum’at (08/02) pukul 14.30 Wib. Pusat Teknologi Penerbangan kembali menerima kunjungan studi ekskursi dari Himpunan Mahasiswa Teknik Penerbangan Otto Lilienthal ITB. Rombongan yang berjumlah 40an mahasiswa dan 1 Asisten dosen pembimbing tersebut diterima oleh Kepala Bagian Administrasi Pusat Teknologi Penerbangan, Encung Sumarna, ST, di aula Garuda lantai 2 gedung Pustekbang.

Dalam sambutannya, Kabag Administrasi Pustekbang menjelaskan secara garis besar mengenai program dan kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan oleh Pustekbang, yang meliputi program pengembangan pesawat transport nasional N219 bekerjasama dengan PT DI, dan program pemantauan maritime berbasis pesawat tanpa awak (Maritime Surveillance System). Pada kesempatan tersebut, beliau juga berharap, melalui kegiatan kunjungan studi ini para mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai teknologi penerbangan.

Selanjutnya, Aziz Faturrahman selaku Asisten Dosen FT Penerbangan ITB, mengucapkan terimakasih atas penerimaan baik dari pihak Pustekbang, serta berharap melalui kunjungan ini para mahasiswa dapat melihat secara langsung mengenai relevansi teori-teori yang telah diperoleh di kampus dengan implementasinya di lembaga riset penerbangan pemerintah. Disamping itu juga untuk menambah informasi mengenai kegiatan litbangyasa penerbangan.

Selesai sesi sambutan, dilanjutkan dengan sesi presentasi oleh peneliti Pustekbang, Ardanto Muhammad Pramutadi, ST, yang memaparkan profile Pustekbang berikut aplikasi produk litbangyasanya, khususnya mengenai pengembangan Maritime Surveillance System. Untuk mencapai tahapan pengembangan MSS tersebut, telah dimulai dengan melakukan beberapa misi pemanfaatan Lapan Surveillance UAV (LSU) dari tipe 01 dan 02. LSU-01 pernah digunakan untuk pemotretan gunung merapi pasca bencana beberapa tahun yang lalu. Sementara LSU-02 telah dimanfaatkan dalam misi pemotretan garis pantai dan juga beberapa misi lain yang terkait dengan mitigasi bencana dan pemetaan wilayah, seperti pemotretan danau Maninjau, di Sumbar serta pemotretan pasca banjir di desa Jajag, Banyuwangi, Jatim.

Di penghujung presentasi, para mahasiswa menghujani pemateri dengan banyak pertanyaan seputar produk litbangyasa Pustekbang. Namun semua itu dapat dijawab dengan tuntas oleh Sdr. Ardanto, yang juga alumnus teknik penerbangan ITB. Hal yang spesial bagi para mahasiswa yang aktif bertanya, Tim Humas Pustekbang mengapresiasinya dengan hadiah berupa Buku Sang Perintis.

Selesai acara opening, seluruh mahasiswa menyempatkan diri untuk berfoto bersama di foto booth ruang loby dan juga di depan gedung Pustekbang, sebelum melanjutkan visitasi ke beberapa lab yang ada di lingkungan Pustekbang. Lab Aerodinamika Subsonik menjadi lab pertama yang dikunjungi oleh para mahasiswa. Di lab ini mereka diterima dan dipandu oleh peneliti Arifin, ST dan Angga, ST. Di sini para mahasiswa memperoleh penjelasan mengenai fungsi dan cara kerja Wind Tunnel Supersonik.

Setelah itu mereka melanjutkan kunjungan ke Wind Tunnel Supersonik. Di lab ini mereka mendapat penjelasan dari peneliti Kurnia Hidayat, ST mengenai spesifikasi dan fungsi wind tunnel supersonik. Selanjutnya pada sesi terakhir, mereka juga kami ajak untuk mengunjungi fasilitas Ground Station Satellite Pusteksat LAPAN. Disini mereka memperoleh penjelasan dari peneliti Sonny, ST, mengenai pengembangan teknologi satelit yang dilakukan oleh LAPAN sampai saat ini. Tak terasa senjapun tiba, kunjungan dari para calon teknokrat Indonesia itupun berakhir pada pukul 16.30 Wib, seiring dengan lambaian tangan mereka dari dalam bus yang beranjak meninggalkan area perkantoran Pustekbang. (tw)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan