Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


OUTING CLASS SISWA MTSN 32 JAKSEL KE PUSTEKBANG LAPAN
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 27 Feb 2019 • Dibaca : 249 x ,

Di penghujung Pebruari 2019, tepatnya pada Rabu (27/02) Pustekbang LAPAN menerima outing class siswa MTSN 32 Jakarta Selatan. Sebanyak 175 orang siswa siswi yang didampingi oleh 18 orang guru dan komite sekolah diterima langsung oleh Kabid Diseminasi Pustekbang, Dipl. Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.ME, di aula Garuda lantai 2 Gedung Pustekbang.

Dalam kata sambutannya, Kabid Diseminasi Pustekbang mengharapkan kepada seluruh siswa yang berkunjung untuk dapat memanfaatkan kesempatan baik ini untuk mencari tahu dan mengenal lebih banyak mengenai teknologi penerbangan dan antariksa yang sedang dikembangkan oleh LAPAN.

Selanjutnya, Ibu Hajah Makiyah, M.Pd., selaku Kepala Sekolah MTSN 32 menyampaikan apresiasinya atas penerimaan yang baik dari Pusat Teknologi Penerbangan, dan beliaupun berharap, melalui kunjungan studi ini, para guru pendamping dan seluruh siswanya dapat menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai teknologi penerbangan dan antariksa yang dikembangkan oleh LAPAN sebagai salah satu bentuk penerapan mata pelajaran eksakta yang telah diajarkan di sekolah.

Selesai sesi sambutan dilanjutkan dengan acara saling tukar cinderamata, antara Pustekbang dan MTSN 32 Jaksel.

Selanjutnya pada sesi presentasi, para mahasiswa memperoleh paparan yang apik mengenai profile Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN dari peneliti Angga Septiyana, S.Si. Beliau memaparkan mengenai beberapa kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Pustekbang, seperti pengembangan pesawat transport nasional N219 bekerjasama dengan PT Dirgantara Indonesia. Juga mengenai penelitian dan pengembangan beberapa jenis pesawat tanpa awak, mulai dari Lapan Surveillance Uav (LSU), mulai dari LSU 01 sampai dengan LSU 05.

Pada kesempatan tersebut, PIC Humas Pustekbang, Tri Widodo, S.Sos juga memberikan penjelasan mengenai rintisan sejarah penerbangan yang pernah dilakukan di Rumpin sampai dengan lahirnya Pusat Teknologi Penerbangan pada tahun 2011. Selanjutnya di penghujung acara, dilakukan sesi tanya jawab. Para siswa MTSN 32 nampak antusias mengajukan beberapa pertanyaan ke pemateri, diantaranya terkait cara menerbangkan pesawat tanpa awak LSU-01 dan tentang bagaimana cara pengendalian satelit setelah dilepaskan dari roket pengorbitnya.

Alhasil, bagi para siswa yang aktif bertanya maupun yang berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan pemateri maupun PIC Humas Pustekbang, mereka diganjar doorprize menarik, berupa buku Sang Perintis dari Tim Humas Pustekbang.

Selesai opening, seluruh siswa dan guru lakukan sesi foto bersama di depan gedung Pustekbang. Sejurus kemudian para siswa yang dibagi dalam 3 kelompok tersebut, bergegas melakukan kunjungan ke beberapa lab yang telah ditentukan.

Kelompok pertama yang berkunjung ke lab Subsonik, mereka memperoleh penjelasan dari Peneliti Kurnia Hidayat, S.Si, mengenai spesifikasi dan cara kerja dari Wind Tunnel Subsonik.

Kemudian kelompok kedua yang berkesempatan mengunjungi Ground Station Satelit LAPAN, mereka memperoleh pemaparan mengenai spesifikasi, pengoperasian dan pemanfaatan teknologi satelit yang dikembangkan oleh LAPAN, oleh PIC Humas, Endar Wuryanto, ST.

Sementara itu kelompok ketiga memperoleh kesempatan untuk berkunjung ke lab Manufaktur. Disini mereka memperoleh penjelasan dan melihat secara langsung tentang proses desain dan pembuatan pesawat LSU, dengan dipandu oleh teknisi Dudi Targani, ST.

Dan sebagai sajian penutup kunjungan, seluruh siswa dan guru berkumpul di akses landasan untuk melakukan dan menyaksikan demo terbang roket air. Sejurus kemudian tepukan dan teriakan riuh para siswa berkumandang, ketika menyaksikan satu demi satu roket air melesat dengan mulus ke angkasa.

Seluruh siswa dan guru nampak terhibur dengan atraksi tersebut, dan berharap suatu saat dapat berkunjung lagi ke Pustekbang untuk menyaksikan sajian edukasi teknologi penerbangan yang lebih menyenangkan dan membanggakan. Semoga ! (tw).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan