Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


STUDY EXCURSIE MAHASISWA STTA YOGYAKARTA KE PUSTEKBANG
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 27 Mar 2019 • Dibaca : 73 x ,

Rumpin – Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN kembali menerima kunjungan mahasiswa Teknik Mesin STT Adisucipto Yogyakarta pada Selasa (27/03). Kedatangan 98 orang mahasiswa Semester II dan Semester IV Jurusan Teknik Mesin ini didampingi oleh 2 orang Dosen Pembimbingnya, yaitu B. Mardwiantara, S.T., M.T. dan Ir. Sudarmanto, M.T. Mereka diterima secara seremonial di aula Garuda Lt. 2 Gedung Pustekbang oleh Kabag Administrasi Pustekbang Encung Sumarna, ST.

Dalam sambutannya Encung Sumarna, S.T menjelaskan secara garis besar mengenai dua program litbangyasa yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Pustekbang, yaitu Program Pengembangan Pesawat Transport Nasional N219 dan Program Pengembangan Maritime Surveillance System (MSS). Beliau juga menjelaskan beberapa fasilitas lab yang ada di Pustekbang saat ini. Tak lupa beliau juga berpesan kepada seluruh mahasiswa STTA agar dapat memanfaatkan waktu kunjungan studi ini untuk menggali informasi, pengetahuan serta inspirasi baru yang berkaitan dengan teknologi penerbangan yang sedang dikembangkan oleh Pustekbang.

Kemudian Dosen Pendamping STTA Yogyakarta, B. Mardwiantara, S.T., M.T. juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pimpinan Pustekbang LAPAN, yang telah memberikan kesempatan yang kesekian kalinya kepada para mahasiswa STTA Yogyakarta untuk berkunjung ke institusi riset penerbangan ini. Beliau juga menyampaikan melalui kunjungan study excursie ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan dan mendekatkan para mahasiswa dengan dunia usaha/ dunia industry (Dudi). Sehingga diharapkan dapat diperoleh sinkronisasi antara teori ataupun materi yang dipelajari di kampus dengan implementasinya di dunia kerja.

Selesai acara sambutan dilanjutkan dengan sesi tukar menukar cindera mata oleh kedua belah pihak, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan Kabag Admint Pustekbang yang dipandu oleh PIC Humas Pustekbang, Tri Widodo, S.Sos. Bagi para mahasiswa yang aktif dalam sesi tersebut, tim humas Pustekbang mengganjar mereka dengan souvenir Buku Sang Perintis.

Selanjutnya sebelum visitasi ke lab, seluruh mahasiswa dan dosen pendamping melakukan foto bersama di depan gedung Pustekbang. Pada kunjungan ke Lab wind tunnel subsonic para mahasiswa memperoleh penjelasan seputar spesifikasi, fungsi dan cara kerja wind tunnel subsonic dari peneliti M. Teuku Ichwanul Hakim, ST., M.T. dan Kurnia Hidayat, S.Si.

Selanjutnya pada kunjungan ke lab manufaktur para mahasiswa memperoleh penjelasan mengenai proses desain dan manufaktur Lapan Surveillance Uav (LSU) dari Afid Nugroho, S.T., M.T. dan Dudi Targani, S.T.

Di penghujung kunjungan para mahasiswa juga sempat berkunjung ke Ground Station Satellite LAPAN. Di sini mereka memperoleh penjelasan mengenai pengembangan dan pemanfaatan teknologi satellite LAPAN oleh peneliti Sonny Dwi Harsono, S.T., M.Eng.

Akhirnya merekapun menyelesaikan kunjungannya pada pukul 16.30 Wib. Dengan raut wajah yang masih menyimpan sejumlah hasrat, mereka berharap suatu saat dapat berkunjung kembali ke Pustekbang LAPAN untuk melaksanakan tugas Kerja Praktek dari kampusnya. (tw).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan