Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


GUNA MEMACU PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PUBLIKASI PUSTEKBANG GELAR BIMTEK PENULISAN ARTIKEL DAN BERITA
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 11 Apr 2019 • Dibaca : 40 x ,

Kamis (11/04) bertempat di ruang rapat Rajawali Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang), Kabid Diseminasi Pustekbang, Dipl. Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.ME membuka bimtek penulisan artikel dan berita. Kegiatan ini diikuti para staf bidang diseminasi dan sejumlah peneliti dan perekayasa di lingkungan Deteknologi.

Bimtek dua hari mulai 14-15 April ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi para staf fungsional dalam menulis artikel maupun berita. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Humas LAPAN, Ir. Jasyanto, MM dan Redaktur Harian Media Indonesia, Eko Supriatno.

Dalam kata sambutannya, Kabid Diseminasi Pustekbang menyatakan, “dari hasil bimtek ini diharapkan dapat memacu produktivitas dan kualitas publikasi Pustekbang maupun LAPAN. Sehingga instansi kita menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu, melalui produktivitas tulisan yang dihasilkan, semoga juga dapat meningkatkan perolehan kredit point bagi para pejabat fungsional”, jelas beliau.

Kemudian pada sesi paparan pertama, Kabag Humas LAPAN Ir. Jasyanto, MM, memberikan materi pengantar mengenai sistematika dan kiat-kiat penulisan artikel yang baik. Beliau juga memotivasi seluruh peserta untuk lebih kreatif dan produktif dalam menuliskan artikel. Hal ini diperlukan guna meningkatkan promosi positif hasil litbangyasa LAPAN kepada publik. Beberapa media LAPAN siap mewadahi karya karya artikel tersebut, seperti Buletin LAPAN, Media Dirgantara, dan lain-lain.

Pada sesi paparan kedua, Eko Supriatno, Redaktur Harian Media Indonesia menyuguhkan materi yang lebih mendalam mengenai bagaimana menulis artikel atau opini yang baik. Menurut beliau, menulis artikel atau opini itu sangat asyik dan menyenangkan. Karena lewat tulisan artikel atau opini, seorang penulis dapat menyampaikan sebuah ide, pemikiran dan gagasan baru ataupun terbarukan kepada pembacanya dengan lebih ekspresiv. “Berbeda dengan menulis berita, yang memang harus disampaikan secara faktual atau apa adanya,” jelas beliau.

Satu hal terpenting yang harus diperhatikan menurut beliau, ‘angel’ (sudut pandang) penulisan hendaknya disesuaikan dengan basic (dasar) keilmuan si penulis’. Hal ini dimaksudkan agar opini yang ditulis lebih mendalam dan membuat pembaca ‘penasaran’. Diawali dengan “lead’ atau intro yang menarik pada paragraf pertama, diharapkan dapat menyeret pembaca untuk lebih menyelami pemikiran dan gagasan kita pada paragraf-paragraf selanjutnya. Tak lupa data-data dan fakta yang valid perlu kita sematkan didalamnya. Namun sebaiknya hindari sajian tabulasi, grafik ataupun foto. Karena hal tersebut memberikan kesan rumit bagi pembaca. Gantilah dengan gambar atau animasi serta kalimat-kalimat deskriptif yang lebih mudah dan ringan untuk dinikmati pembaca. Tak lupa, pada paragraf selanjutnya hendaknya penulis memberikan analisis terhadap opini yang disampaikan serta memberikan kesimpulan di penghujungnya.

Selesai paparan materi dilanjutkan dengan praktek menulis artikel oleh seluruh peserta. Tak lupa, sesi koreksi ataupun evaluasi juga diberikan terhadap sejumlah artikel yang telah dibuat. Alhasil, ada sedikit koreksi yang harus dicermati dan diperbaiki oleh peserta. Namun demikian, secara umum substansi penulisannya sudah cukup baik. Semoga dengan banyak membaca dan berlatih, ke depannya akan terlahir banyak penulis handal di LAPAN ini. Semoga ! (tw).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan