Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


KARTINI LAPAN HARUS LEBIH BIJAK DALAM BERSOSIAL MEDIA
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 22 Apr 2019 • Dibaca : 93 x ,

Bertempat di Auditorium Garuda Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN Rumpin, pada hari Senin (22/04) dilaksanakan acara peringatan Hari Kartini oleh Dharma Wanita LAPAN. Agenda tahunan yang mengangkat tema “Peran Ibu Dalam Memahami Perkembangan Teknologi” dihadiri perwakilan Pengurus Dharma Wanita dari seluruh Satuan Kerja LAPAN mulai dari Biak, Papua sampai dengan Agam, Sumbar. Ikut hadir dalam acara tersebut Deputi Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti, Kepala Pusat Teknologi Penerbangan, Drs. Gunawan S. Prabowo, MT, Kabid Diseminasi dan PIC Humas Pusat Teknologi Penerbangan.

Acara pertama diawali dengan laporan Ketua Dharma Wanita Rumpin, Endah Dhianti, selaku tuan rumah acara Peringatan Hari Kartini LAPAN 2019. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ibu Erni Thomas Djamaludin, selaku Ketua Dharma Wanita LAPAN.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi dewasa ini, maka fungsi dan peran wanita Indonesia perlu ditingkatkan”. Artinya, selain mampu melaksanakan tugas utamanya sebagai pendamping suami dan anak-anaknya, diharapkan juga mampu berperan bijak dalam menyikapi dampak perkembangan teknologi informasi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. “Hal ini penting, agar para Ibu dapat memahami pemanfaatan teknologi informasi khususnya media sosial sebagai alat untuk menyampaikan berita ataupun informasi-informasi yang benar dan menghindari penyampaian berita atau informasi yang salah (hoax),” jelas beliau.

Berikutnya, Deteknologi LAPAN, Dr. Rika Andiarti menyampaikan bahwa, “Cita-cita perjuangan R.A. Kartini yaitu menginginkan persamaan hak perempuan dalam memperoleh pendidikan yang baik”. Hal itu dimaksudkan agar bisa melakukan tugas yang diberikan alam, yaitu tugas yang diberikan oleh Allah/Tuhan kepada perempuan, yaitu bisa mendidik anak dengan sebaik-baiknya. “Jadi tujuan atau cita-cita Kartini bukan untuk menyamai peran laki-laki dalam semua bidang, sesungguhnya tidak sampai sejauh itu”, jelas beliau. “Tetapi untuk ukuran saat itu, fikiran-fikiran Kartini untuk memperjuangkan persamaan hak perempuan dalam hal pendidikan, itu merupakan pemikiran yang sangat maju di zamannya,” pungkas beliau.

“Inti perjuangan Kartini yaitu agar kita semuanya menjadi perempuan, menjadi Ibu, yang bisa melaksanakan tugas apapun yang diembankan kepada kita dengan baik. Apakah itu tugas rumah tangga, tugas profesi, dan lain-lain,” jelas beliau.

Pada sesi talkshow yang bertema “Bijak Dalam Media Sosial”, menghadirkan narasumber Chusnul Tri Judianto, ST., M.M, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Penerbangan dan Antariksa (Pustikpan) LAPAN. Banyak paparan penting yang disampaikan beliau kepada para Kartini LAPAN. Mulai dari adab bergaul di dunia maya, kiat menjaga keamanan akun sampai dengan tuntunan dalam bermedsos.

Untuk dapat bergaul dengan baik di medsos, beliau menyarankan awalilah terlebih dahulu dengan niat yang baik, apakah itu sekedar untuk berbagi informasi, memberikan edukasi, mencari teman lama, memperluas pertemanan ataukah untuk tujuan bisnis. Berikutnya, sering-seringlah membuat status dengan kata-kata yang inspiratif, dan hindari membuat status dengan kata-kata kebohongan, ataupun kata-kata yang menimbulkan kegalauan, fitnah ataupun kebencian. Kemudian, selektiflah dalam memilih teman. Checklah dahulu sebelum mengundang (menginvite). “Kesemua hal tersebut hendaknya selalu diperhatikan, agar kita semua tidak salah bergaul dalam medsos”, pesan beliau.

“Akibat salah bergaul dalam media sosial, kita dapat mengalami banyak kehilangan. Mulai dari kehilangan kendali diri, yaitu lupa waktu dan stress. Kehilangan jati diri, karena kerap menggunakan nick name atau alias. Kehilangan kerahasiaan diri (privacy), kehilangan uang, kehilangan teman, dan bahkan bisa menimbulkan terjangkitnya penyakit mental, semisal kecanduan bermedsos,” jelas beliau.

Terkait kiat untuk menjaga keamanan akun, beliau menyarankan agar password diganti secara berkala, sering-sering lakukan backup data, gunakan anti virus serta jagalah data diri. Hindarkan mencantumkan informasi-informasi penting di facebook, seperti nomor telepon, tanggal lahir, informasi finansial, apalagi nomor rekening bank.

Sebagai pamungkasnya beliau memberikan tuntunan untuk menghindari penyebaran berita tidak benar (hoax). Dimulai dari melakukan pemeriksaan atas informasi yang diterima (check and re-check) sebelum dibagi (disheare), agar tidak mencelakakan orang lain karena kecerobohan. Kedua, jadikan HP sebagai media untuk menyebarkan kebaikan dan membangun kedamaian. Ketiga, jadikan medsos sebagai sarana menyatukan rasa dan perekat hubungan sosial. Tidak perlu merendahkan atau mencela orang lain di medsos, karena bisa jadi mereka lebih mulia. Selalu berfikir positif dengan postingan orang lain dan tidak mencari-cari kesalahan.

Selesai paparan dilanjutkan sesi tanya jawab peserta dengan narasumber. Bagi peserta yang kreatif bertanya, panitia menghadiahi souvenir yang menarik. Beberapa penanya yang beruntung yaitu, Ibu Emi Tri Widodo, Ibu Atikah Bayu Utama, Ibu Bambang Supriyanto, Ibu Bambang Pameungpeuk, Ibu Devi Agus Wiyono dan Ibu Ida Dedi.

Untuk lebih memeriahkan peringatan hari Kartini, selesai talkshow dilanjutkan dengan acara Lomba Menghias Hantaran Pengantin. Kegiatan lomba ini diikuti perwakilan Dharma Wanita dari seluruh satker LAPAN.

Sebagai hasil akhirnya, Juara Pertama berhasil diraih oleh DW LAPAN Pontianak. Kemudian disusul oleh DW LAPAN Rancabungur sebagai Juara Kedua, dan DW LAPAN Rumpin sebagai Juara Ketiga. Sementara Juara Harapan Pertama diraih DW LAPAN Agam, dan Juara Harapan Kedua oleh DW LAPAN Pare-Pare.

“Okee...Selamat dan Sukses Yaa...untuk Seluruh Kartini LAPAN !!” (tw).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan