Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


KUNJUNGAN PERDANA HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIKA ATMAJAYA KE PUSAT TEKNOLOGI PENERBANGAN - LAPAN
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 25 Apr 2019 • Dibaca : 191 x ,

Pada Kamis (25/04) Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) menerima kunjungan perdana himpunan mahasiswa Fakultas Teknik Unika Atmajaya BSD City. Sebanyak 65 orang mahasiswa dengan dosen pendampingnya Marten Darmawan, S.T., Ph.D. diterima langsung oleh Kabag Administrasi Pustekbang, Encung Sumarna, ST, di aula Garuda lantai 2 Gedung Pustekbang.

Dalam kata sambutannya, Encung Sumarna menyampaikan sekelumit sejarah lahirnya Pustekbang dan penjelasan singkat mengenai fasilitas dan program litbangyasa yang ada di satuan kerjanya. Beliau berpesan kepada para mahasiswa agar dapat menggali berbagai pengetahuan dan informasi terkait teknologi penerbangan dan antariksa yang dikembangkan LAPAN saat ini. Selain itu, beliau juga mempersilahkan sekiranya ada mahasiswa Unika Atmajaya yang berminat untuk melaksanakan kerja praktek ataupun penyusunan tugas akhir di Pustekbang.

Selanjutnya, selaku Ketua Himpunan Mahasiswa, Ardian Vianto menyampaikan apresiasinya atas penerimaan yang baik dari pimpinan Pustekbang dan merasa senang sekali dapat berkunjung ke institusi riset penerbangan ini. Ardian berharap melalui kunjungan studi ini para mahasiswa Unika Atmajaya dapat menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai teknologi penerbangan dan antariksa. Selesai sesi sambutan dilanjutkan dengan acara saling tukar cinderamata, oleh Kabag Administrasi Pustekbang dengan Dosen Pendamping Unika Atmajaya.

Memasuki sesi presentasi, para mahasiswa memperoleh paparan profile Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN dari peneliti Angga Septiyana, S.Si. Beliau memaparkan program dan kegiatan litbangyasa Pustekbang yang meliputi pengembangan pesawat transport nasional N219 sebagai program kerjasama dengan PTDI. Kemudian juga dipaparkan mengenai program pengembangan Maritime Surveillance System (MSS) yang meliputi kolaborasi fungsi dari beberapa varian pesawat Lapan Surveillance Uav (LSU), yaitu LSU 01 sampai dengan LSU 05 dan pesawat Lapan Surveillance Aircraft (LSA) untuk sistem pemantauan maritim.

Antusiasme para mahasiswa FT Unika Atmajaya terhadap materi yang dipresentasikan cukup baik. Hal ini ditandai dengan munculnya pertanyaan ke pemateri seputar teknologi penerbangan, khususnya UAV. Alhasil, bagi para mahasiswa yang aktif bertanya, PIC Humas Pustekbang, Tri Widodo, mengganjar mereka dengan doorprize menarik, berupa buku Sang Perintis.

Selesai opening, para mahasiswa lakukan sesi foto bersama di depan gedung Pustekbang sembari menggelar banner kunjungannya. Sejurus kemudian, rombongan mahasiswa yang dibagi dalam dua kelompok tersebut bergegas melakukan visitasi ke beberapa lab yang ada di lingkungan Pustekbang.

Saat berkunjung ke lab Subsonik, para mahasiswa memperoleh penjelasan dari Peneliti Kurnia Hidayat, ST, mengenai jenis dan spesifikasi Terowongan Angin (Wind Tunnel) yang dimiliki oleh Pustekbang. Kurnia juga menjelaskan mengenai cara pengoperasian dan manfaat dari Terowongan Angin Subsonik (Subsonic Wind Tunnel).

Selesai dari Lab Subsonik, para mahasiswa melanjutkan kunjungan ke Lab Manufaktur. Di lab ini para mahasiswa memperoleh penjelasan mengenai alur proses pembuatan (manufactur) pesawat LAPAN Surveillance UAV (LSU) oleh Teknisi Senior, Dudi Targani, ST.

Sejurus kemudian, pada kunjungan ke Lab Aerostruktur, rombongan mahasiswa diterima oleh Peneliti Yusuf Giri Wijaya, S.Si., dan Rian Suari Aritonang, S.T.

Giri Wijaya memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai spesifikasi dan cara kerja dari alat uji roda pesawat (Droptest Landing Gear) dan juga alat uji kekuatan sayap (whiffletree). Sedangkan Rian Suari menjelaskan mengenai Universal Testing Machine (UTM). UTM adalah mesin atau alat uji yang berfungsi untuk menguji tegangan tarik, tekan, maupun geser suatu bahan atau material agar kekuatan material tersebut dapat diketahui.

Diakhir kunjungan, para mahasiswa juga berkesempatan menyambangi fasilitas Pemantauan Satelit (Ground Station Satellite). Disini mereka memperoleh pemaparan mengenai spesifikasi, pengoperasian dan pemanfaatan teknologi satelit yang dikembangkan oleh LAPAN, oleh Peneliti Sonny Dwi Harsono, S.T., M.Eng.

Para mahasiswa nampak puas dengan kunjungan tersebut. Sebagian dari mereka pun berharap suatu saat kelak akan kembali ke Pustekbang untuk melaksanakan kerja praktek. (tw).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan