Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


KICK OFF KOLOKIUM PUSTEKBANG DARI PROGRES RESEARCH MENUJU CAPAIAN JURNAL INTERNASIONAL
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 23 May 2019 • Dibaca : 84 x ,

Bertempat di ruang kolokium lantai 2 Pusat Teknologi Penerbangan, pada Kamis (23/05) Drs. Gunawan S. Prabowo, MT, selaku Kapustekbang membuka kolokium perdana di lingkungan Pustekbang. Acara ini dihadiri oleh para peneliti, perekayasa dan Majelis Peneliti Utama. Adapun tema yang diangkat dalam kolokium ini yaitu “ Kiat menembus Jurnal Internasional dan Cerita Sukses Meraih Gelar Master dan Doktor Cumlaude”.

Dalam kata sambutannya, Gunawan Prabowo menyampaikan, “Melalui kegiatan kolokium ini diharapkan dapat memacu munculnya ide-ide dan gagasan-gagasan baru di kalangan peneliti dan perekayasa Pustekbang. Sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan produktivitas penulisan paper ilmiah” harap beliau. “Selain itu melalui kolokium diharapkan akan terjadi shearing dan kolaborasi ilmu, sehingga paper-paper ilmiah yang dibuat akan menjadi lebih paripurna” jelas beliau.

Dalam kesempatan pertama, Dewi Anggraeni, perekayasa muda Pustekbang menyampaikan shearing pengalaman mengenai bagaimana melakukan riset yang fokus sehingga dapat menghasilkan jurnal ilmiah yang berkualitas dan mampu menembus jurnal internasional. Beliau juga menekankan,” untuk menghasilkan paper ilmiah yang berkualitas kiranya perlu dibangun riset group yang memiliki komitmen dan fokus yang tinggi terhadap riset yang dilakukan. Selanjutnya kerjasama antar lintas kepakaran menurutnya juga sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas riset yang dilakukan”, tegas beliau.

Pemateri kedua, Donny Hidayat, perekayasa muda menyampaikan progres riset selama mengambil program pasca sarjana teknik UI. Ia memaparkan materi tentang riset landing gear pesawat terbang, yang merupakan tema tesisnya di UI. Menurutnya, judul riset ini linear dengan program Pusat Teknologi Penerbangan tempatnya bekerja. Berbekal tema tersebut, akhirnya ia mampu meraih predikat sebagai Master Cumlaude.

Dan sebagai pamungkasnya, peneliti Farohaji Kurniawan, seorang alumnus dari program doktoral Chiba University Jepang menyampaikan pengalaman risetnya di bidang pengembangan teknologi antena. Dibawah bimbingan Profesor Josaphat dari Chiba University akhirnya beliau berhasil merampungkan disertasinya tersebut untuk meraih predikat Doktor di bidang teknologi antenna. Sekembalinya ke Indonesia beliau merencanakan untuk dapat mengaplikasikan ilmunya di bidang teknologi penerbangan dan antariksa, khususnya di LAPAN.

Selepas presentasi dari masing-masing pemateri dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dari dialog yang terjadi terlihat antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta, hingga tak ada satupun dari peserta yang beranjak meninggalkan ruangan sampai acara selesai. (tw).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan