Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


PUSTEKBANG GELAR SOSIALISASI PENGUATAN PENGAWASAN DALAM REFORMASI BIROKRASI DAN HALAL BIHALAL 1440 H/2019
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 12 Jun 2019 • Dibaca : 81 x ,

Bertempat di ruang Aula Garuda pada Rabu (12/06) Pusat Teknologi Penerbangan gelar acara Sosialisasi Penguatan Pengawasan Dalam Reformasi Birokrasi. Kegiatan yang dibuka oleh Deputi Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti dihadiri oleh Kepala Pusat Teknologi Penerbangan beserta seluruh pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pusat Teknologi Penerbangan. Mengawali sambutannya beliau menyampaikan permohonan maaf lahir dan bathin kepada seluruh pegawai, seraya berharap setelah melalui bulan tarbiyah ramadhan kita semua dapat terus mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah maupun di kantor.

Selanjutnya, terkait dengan program reformasi birokrasi beliau menyampaikan bahwa, “sistem penilaian reformasi birokrasi saat ini tidak lagi dinilai dilevel LAPAN saja, tetapi penilaiannya sudah sampai ke level eselon satu. Kalau misalnya penilaian RB selama ini masih dinilai di level LAPAN dan hasilnya bagus, maka pusat-pusat yang nilainya masih kurang baik, masih tertutupi, dan semuanya memperoleh tunjangan kinerja yang juga sama. Untuk itu terkait dengan penguatan pengawasan dalam RB, Kemenpan RB akan melakukan survei dengan mengajukan pertanyaan secara acak kepada semua level karyawan mengenai bagaimana pelaksanaan RB di setiap satuan kerja dengan melibatkan pihak luar yang independence baik perusahaan swasta maupun dari BPS untuk melakukan survei internal maupun eksternal yang melibatkan stake holder kita. Mereka akan menilai bagaimana service atau pelayanan yang telah kita berikan ke publik apakah telah sesuai harapan atau sebaliknya. Untuk itu Pustekbang harus memberikan pelayanan yang prima kepada publik”, pesan beliau.

Menurut beliau, Reformasi birokrasi yang dilaksanakan di LAPAN mengacu pada 3 Sasaran Reformasi Birokrasi pemerintah yang meliputi, pertama, pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi. Kedua, pemerintahan yang efektif dan efisien, serta ketiga, pelayanan publik yang baik dan berkualitas.

Beliau juga menjelaskan mengenai 8 area perubahan yang perlu diimplementasikan meliputi Manajemen Perubahan, Penataan dan Penguatan Organisasi, Penataan Peraturan Perundang-Undangan, Penataan SDM, Penataan Tata Laksana, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Deteknologi ingatkan, “Pustekbang harus mengacu kepada ketiga sasaran Reformasi Birokrasi dan 8 area perubahan yang dimaksud, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang kesemuanya harus seiring, sejalan dan dapat dipertanggung jawabkan”. Hal ini sangat penting dalam upaya mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) jelas beliau.

Pada paparan berikutnya, Kapustekbang, Drs. Gunawan S. Prabowo, MT mempresentasikan dua materi, yaitu mengenai Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) di Pustekbang dan Program Nasional Pustekbang (Program Riset Nasional) 2020-2024.

Kapustekbang menyampaikan, bahwa saat ini PMPRB 2.0 telah beralih ke PMPRB 2.5, yang secara substansial obyek evaluasinya tidak lagi hanya skala instansi saja, tetapi obyek evaluasinya sudah mencapai ke unit kerja (termasuk unit Eselon I). Dari 8 area perubahan Reformasi Birokrasi yang telah diimplementasikan di satuan kerja Pusat Teknologi Penerbangan diantaranya, Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang menurutnya sudah dilakukan dengan cukup baik.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan 3 program besar yang akan dilaksanakan Pustekbang pada tahun 2020-2024 yang meliputi Program Pengembangan N219 Amphibi, Program Pengembangan Pesawat MALE dan Precission Farming.

Pada sesi ketiga, Kasubbag Keuangan, M. Fakhrur Rosyidi, S.Si mensosialisasikan mengenai Penguatan Pengawasan Dalam Rangka Reformasi Birokrasi di Pustekbang. Beliau menjelaskan secara detail mengenai gratifikasi, benturan kepentingan dan Whistleblowing System (WBS).

Selesai kegiatan internalisasi, ditutup dengan do’a dan acara halal bihalal seluruh karyawan Pustekbang. (tw).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan