Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


STUDI EKSKURSI MAHASISWA STTA YOGYAKARTA KE PUSAT TEKNOLOGI PENERBANGAN
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : TriWid • 24 Jun 2019 • Dibaca : 62 x ,

Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN Rumpin kembali menerima kunjungan studi ekskursi mahasiswa Teknik Dirgantara Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Yogyakarta pada Senin (24/06). Rombongan mahasiswa yang berjumlah 98 orang dan didampingi oleh 2 dosen pendampingnya yaitu Lazuardy Rahendra Pinandhita, S.T., M.T dan Bangga Dirgantara Adiputra, S.T., M.T diterima langsung oleh Kepala Bagian Administrasi, Encung Sumarna, S.T di Auditorium Garuda Pustekbang.

Dalam kata sambutannya, Encung Sumarna menyambut baik kunjungan dari mahasiswa Teknik Dirgantara STTA ini. Beliau mengharapkan melalui kunjungan ini para mahasiswa bisa memperoleh wawasan dan pengetahuan mengenai teknologi penerbangan yang sedang dikembangkan oleh Pustekbang LAPAN saat ini. Pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan secara garis besar mengenai program litbangyasa yang sedang dilaksanakan oleh Pustekbang saat ini serta beberapa fasilitas lab yang dimiliki oleh Pustekbang. Diakhir sambutannya beliau berharap, “Setelah kunjungan ini semoga ada sejumlah ide, gagasan ataupun fikiran dari para mahasiswa yang sekiranya dapat diimplementasikan melalui kegiatan kerja praktek ataupun penyusunan tugas akhir di Pustekbang ini. Bahkan sangat diharapkan sekali apabila kedepannya para alumni STTA juga bisa bergabung mengabdikan diri menjadi pegawai Pustekbang LAPAN seperti beberapa alumni sebelumnya,” harap beliau.

Pada sambutan berikutnya, Lazuardy Rahendra yang mewakili pihak STTA menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak Pustekbang LAPAN yang telah menerima kunjungan studi ekskursi ini. Beliau berharap melalui kunjungan ini para mahasiswanya dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang tidak diperolehnya selama belajar di kampus, khususnya mengenai implementasi litbangyasa yang terkait dengan penerbangan. Serta berharap kerjasama yang telah terjalin selama ini dengan Pustekbang dapat terus ditingkatkan lagi.

Selesai acara penukaran cindera mata oleh Pustekbang dan STT Adisutjipto, sejurus kemudian dilanjutkan dengan presentasi profile Pustekbang oleh Peneliti Angga Septiyana, S.Si. Dengan bahasa yang lugas dan simpatik, Angga menyampaikan program dan kegiatan litbangyasa Pustekbang, mulai dari program Pesawat Terbang Nasional N219 sampai dengan Maritime Surveillance System (MSS).

Selesai presentasi dilanjutkan dengan acara game kuiz yang dipandu oleh Rezki, ST. Kuiz berbasis aplikasi Kahoot yang berisikan sepuluh pertanyaan seputar penerbangan dan antariksa tersebut sangat menarik perhatian seluruh mahasiswa. Bagi enam peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar dan cepat oleh tim humas Pustekbang diganjar dengan hadiah menarik berupa buku Sang Perintis.

Selesai opening pada pukul 15.00 Wib para mahasiswa kemudian berfoto bersama di depan gedung utama Pustekbang. Tak lama berselang para mahasiswa yang dibagi dalam dua kelompok tersebut bergegas melakukan kunjungan ke sejumlah lab yang ada di lingkungan Pustekbang. Beberapa lab yang sempat mereka kunjungi di sore itu meliputi Lab Cluster Computer, Lab Aerodinamika, Lab Aerostruktur, Lab Manufaktur dan tak ketinggalan juga Ground Station Satelit yang juga berada dalam lingkungan Pustekbang. Meskipun hanya sejenak kunjungan mereka ke Pustekbang, namun mereka cukup puas dengan kunjungan tersebut, seraya berharap suatu saat dapat berkunjung kembali ke Pustekbang. (tw).

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan