Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Aerofest Sewindu Pustekbang LAPAN, Menuju Kemandirian Teknologi Penerbangan
Penulis Berita : TriWid • Fotografer : Aziz • 08 Jul 2019 • Dibaca : 300 x ,

Ratusan pengunjung yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa dari wilayah Tangerang dan Bogor pada Senin (08/07) ramaikan ajang Aerofest 2019 di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN Rumpin.

Aerofest yang dilaksanakan dalam rangka memperingati delapan tahun (sewindu) berdirinya Pusat Teknologi ini dimaksudkan selain memperkenalkan sejumlah produk teknologi penerbangan Lapan dan beberapa produk teknologi penerbangan beberapa perusahaan swasta dalam negeri, juga dimaksudkan untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan para generasi muda terhadap teknologi kedirgantaraan.

Dalam sambutan pembuka, Kapustekbang, Drs. S. Gunawan S. Prabowo, MT menyampaikan, “Pustekbang memasuki usianya yang kedelapan tahun, diharapkan semakin dapat memberikan kemanfaatannya bagi masyarakat dan negara, khususnya dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi penerbangan di Indonesia. Salah satu contohnya ditandai dengan meningkatnya jumlah kunjungan pelajar, mahasiswa dan beberapa instansi ke Pustekbang setiap tahunnya,” jelas beliau.

Senada dengan hal tersebut, Deputi Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti menuturkan, “Meskipun umurnya masih relatif muda untuk sebuah organisasi, namun keberadaan Pustekbang harus bisa memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder. Pustekbang harus lebih memperkenalkan dan mendekatkan diri ke masyarakat. Apalagi saat ini Pustekbang telah memiliki berbagai infrastruktur, fasilitas, dan sumber daya manusia yang terus berkembang jumlahnya, yang tentunya sangat mendukung kemajuan dan kemandirian teknologi penerbangan,” jelasnya.

Aerofest yang digelar selama dua hari mulai tanggal 8-9 Juli ini, pada hari pertama menyajikan sejumlah acara menarik, seperti lomba menggambar, kuiz game, lomba desain UAV, planetarium mini, simulator pesawat N219, demo roket air dan juga demo pesawat tanpa awak dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Selain itu juga ada kegiatan sosial seperti donor darah, khitanan masal dan bazar. Pada hari kedua, sebagai momen puncak perhelatan Aerofest 2019 digelar Talkshow Pre-Aerosummit 2 yang menghadirkan pembicara dari Kemenko Maritim, Kemenko Perekonomian, PINA Bappenas, PT Dirgantara Indonesia dan IAEC.

Untuk lomba menggambar tingkat SD juara 1 diraih oleh Nabila Aira dari SDN Cibuluh 1, Juara 2 Akhtar Dhiaurrahman dari SDN Tugu 10 dan Juara 3 Zaski Nurzahra Putri dari SDN Taruna Karya. Sementara untuk Juara Harapan 1 direbut oleh Chesa dari SDN Harjasari 1, Juara Harapan 2 Apriani Talita dari MIN kota Bogor, dan Juara Harapan 3 diraih oleh Shinta Bella dari SD Semplak 1 Bogor.

Sementara untuk lomba Desain UAV untuk Kebencanaan, juara pertama diraih oleh Tim “FE-012” Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terdiri dari 3 orang yaitu Mohammad Alif Maarif Mabrur, Dimas Apeco Putra dan Andrea Eka Putri, dengan judul proposal “Flying Evacuator and Path Finder UAV”. Juara kedua diraih oleh Tim “UDINTSU” juga dari ITB yang terdiri dari 3 orang yaitu Marco Wijaya, Fahmi Abdillah Sambodo dan Rais Fadillah, dengan judul proposal “Integrasi UAV Sebagai Sistem Peringatan Dini Tsunami v1.0”. Kemudian juara ketiga diraih oleh Adil Rasyidi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dengan judul proposalnya “Perancangan Unmanned Aerial Vehicle untuk Misi Surveillance sebagai Upaya Pencegahan Kebakaran Lahan Gambut di Indonesia”.

Melalui lomba Desain UAV untuk Kebencanaan ini diharapkan menarik minat mahasiswa khususnya jurusan teknik untuk mengembangkan desain UAV untuk berbagai misi ke depannya. (tw)

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan