SMP AL Azhar Study Wisata ke Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN
By admin, 14 Mar 2017
Siswa-siswi kelas 8 SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun, Jakarta melakukan study wisata ke Pustekbang, Pustekroket dan Ground Station Pusteksat LAPAN, Bogor, Selasa (14/03). Rombongan yang berjumlah 208 siswa dan 16 guru pembimbing ini dibagai menjadi dua kelompok. Kelompok ikhwan di Pustekbang, sementara kelompok akhwat di Pustekroket.

Di Auditorium Garuda Pustekbang, rombongan diterima oleh Kabid Diseminasi, Agus Bayu Utama. Beliau menyambut baik kedatangan para siswa dan guru. Ia berharap agar study wisata ini dapat menambah pengetahuan dan memberi gambaran terkait perkembangan dunia penerbangan di Indonesia maupun dunia. Sebelum akhir sambutannya, Kabid Diseminasi juga memberikan doorprize. Doorprize kali ini diberikan kepada siswa yang hafal 3 juz Al Quran. Senada dengan Kabid Diseminasi, Kepala Sekolah SMP AL Azhar, Hasan umar, menjelaskan maksud dan tujuan study wisata ini yaitu sebagai motivasi sekaligus menambah wawasan bagi siswa yang tertarik akan dunia penerbangan dan memberi gambaran guna mewujudkan cita-cita mereka.

Pada sesi presentasi, para siswa memperoleh dua paparan materi dari PIC Humas & Publikasi serta PIC Pemanfaatan Hasil Diseminasi Pustekbang. Pada sesi pertama, Tri Widodo menyajikan secara apik materi tentang LAPAN secara keseluruhan, mulai dari sejarah, lokasi hingga tugas dan fungsi LAPAN. Dengan penuh semangat beliau memperkenalkan dunia penerbangan sekaligus memotivasi para siswa bilamana tertarik menjadi ahli dibidang keantariksaan Indonesia di masa mendatang.

Pada sesi kedua, Perekayasa Madya LAPAN, Ari Sugeng Budiyanta memaparkan profile Pusat Teknologi Penerbangan. Beliau mempresentasikan program litbangyasa yang sedang dikembangkan oleh Pustekbang, yang meliputi pesawat penumpang N219, pesawat ringan berawak LSA serta pesawat tanpa awak LSU. Para siswa terlihat antusias menyimak materi yang dipresentasikan, karena doorprize menarik menanti bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan di setiap akhir pemaparan.

Usai presentasi, dilanjutkan dengan sesi kunjungan lapangan. Penjelasan secara detail tentang satelit hasil penelitian engineer LAPAN didapatkan di Ground Station. Sementara, penjelasan tentang manufaktur pesawat tanpa awak LSU didapatkan di Lab. Aerostruktur Pustekbang.