Kunjungan Ilmiah SMAN 28 Tangerang ke Pustekbang
By admin, 02 Nov 2017
Siswa-siswi kelas 10 SMA Negeri 28, Tangerang melakukan kunjungan ilmiah ke Pustekbang LAPAN, Bogor, Kamis (02/11). Di Auditorium Garuda Pustekbang, rombongan diterima oleh Kabid Diseminasi, Agus Bayu Utama. Beliau menyambut baik kedatangan para siswa dan guru. Ia berharap agar study wisata ini dapat menambah pengetahuan dan memberi gambaran terkait perkembangan dunia penerbangan di Indonesia maupun dunia.

Senada dengan Kabid Diseminasi, Kepala Sekolah SMAN 28 Tangerang, Drs.Heru Prasusi,M.Pd menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan ilmiah ini yaitu sebagai motivasi sekaligus menambah wawasan bagi siswa dan memberi gambaran dunia penerbangan bagi peserta didik.

Pada sesi presentasi, para siswa memperoleh dua paparan materi yaitu dari PIC Pemanfaatan Hasil Diseminasi Pustekbang dan dari Pilot Pesawat Berawak Pustekbang.

Pada sesi pertama, Ari Sugeng Budiyanta memaparkan profile Pusat Teknologi Penerbangan. Beliau mempresentasikan program litbangyasa yang sedang dikembangkan oleh Pustekbang, yang meliputi pesawat penumpang N219, pesawat ringan berawak LSA serta pesawat tanpa awak LSU.

Pada sesi kedua, Pilot Febri Siahaan menampilkan secara apik video latihan penerbang yang dilakukannya saat menjalani pelatihan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi. Dengan penuh semangat beliau memperkenalkan dunia penerbangan sekaligus memotivasi para siswa bilamana tertarik menjadi penerbang pesawat di masa mendatang.

Usai presentasi, dilanjutkan dengan sesi kunjungan lapangan. Rombongan yang berjumlah 169 siswa dan 8 guru pembimbing ini dibagi menjadi empat kelompok. Penjelasan secara detail tentang satelit hasil penelitian engineer LAPAN didapatkan di Ground Station. Penjelasan tentang manufaktur pesawat didapatkan di Lab. Aerostruktur. Sementara penjelasan tentang engine pesawat dan simulator tanpa awak LSU didapat di Lab.Propulsi.

Pada sesi terakhir, dilakukan demo terbang pesawat LSU-01 yang dilengkapi denganfitur live streaming. Para siswa dan guru tampak gembira menyaksikannnya.