Belajar Luar Kelas SD Islam Plus Daarul Jannah ke Pustekbang
By admin, 20 Dec 2017
Siswa/wi SD Islam Plus Daarul Jannah Cibinong mengadakan kegiatan belajar luar kelas bertajuk “Fun With Science” di Pusat Teknologi Penerbagan LAPAN, Rumpin, Bogor, Rabu (20/12). Rombongan merupakan siswa/wi kelas 2 s.d 4 SD yang terdiri dari 26 siswa dan 4 guru pendamping.

Di Ruang Auditorium Garuda, para siswa/wi dan guru diterima oleh Kasubag SDM & TU Sunar. Dalam kesempatan tersebut beliau berterimakasih telah mengagendakan Pustekbang menjadi tempat menyelenggarakan kunjungan belajar. Dalam sambutannya, beliau memberikan motivasi ke siswa/wi agar tekun belajar guna meraih cita-cita khususnya bagi yang berkeinginan menjadi ilmuwan di bidang penerbangan.

Senada dengan beliau, perwakilan SD Islam Plus Daarul Jannah, M. Febri juga menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan belajar ini yaitu sebagai inspirasi dan memberi gambaran cita-cita kepada anak didik agar lebih mengenal dunia penelitian dibidang penerbangan dan antariksa.

Pada sesi presentasi, para siswa memperoleh dua paparan materi yaitu dari Renny Agustina, Staff Diseminasi Pustekbang dan dari Febri Siahaan, Pilot Pesawat Berawak Pustekbang.

Pada sesi pertama, secara interaktif Renny Agustina memberikan pemaparan materi dan tanya jawab kepada para siswa/wi. Pertanyan seputar dunia penerbangan dan antariksa menjadi topik yang menarik bagi para siswa.

Pada sesi kedua, Pilot Febri Siahaan menampilkan secara apik video latihan penerbang yang dilakukannya saat menjalani pelatihan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi. Dengan penuh semangat beliau memperkenalkan dunia penerbangan sekaligus memotivasi para siswa bilamana tertarik menjadi penerbang pesawat di masa mendatang.

Sebelum sesi penutup, kordinator Humas dan Publikasi Pustekbang, Tri Widodo memberikan sedikit motivasi kepada para peserta kunjungan belajar. Beliau berpesan tetap semangat belajar dan mengembangkan rasa keingintahuannya terhadap Iptek agar cita-citanya dapat diwujudkan.

Usai ishoma, acara dilanjutkan dengan bimtek pembuatan roket air yang dipandu oleh teknisi Pustekbang, Suryani dan Riki di hanggar Propulsi. Para siswa/wi terlihat antusias memotong dan merakit material bahan pembuatan roket air. Selanjutnya secara bergantian roket air dipasang nozzle, dipompa dan diluncurkan. Sorak ceriapun mewarnai kegiatan belajar luar kelas siswa/wi SD Islam Plus Daarul Jannah di Pustekbang LAPAN.