SISWA SMP ISLAM AL AZHAR 12 JAKARTA KUNJUNGI PUSTEKBANG LAPAN
By abdulaziz, 06 Dec 2018
Untuk kedua kalinya setelah tahun 2017 ratusan pelajar SMP Islam Al Azhar 12 Jakarta kunjungi Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN. Kunjungan kedua tersebut dilakukan pada Kamis (6/12). Kunjungan mereka kali ini selain didampingi oleh Guru Pendamping juga oleh sejumlah anggota Komite Sekolahnya.

Kabid Diseminasi Pustekbang, Agus Bayu Utama, menerima rombongan siswa tersebut di Aula Garuda lantai 2 gedung Pustekbang. Dalam sambutannya, beliai mengharapkan melalui kunjungan studi ini, para siswa kelas delapan SMPI Al Azhar 12 dapat menambah pengalaman serta pengetahuannya mengenai teknologi penerbangan. Beliau juga memotivasi seluruh siswa untuk terus meningkatkan motivasi belajarnya agar ke depannya mampu meraih apa yang dicita-citakannya.

Bak gayung bersambut, perwakilan SMPI Al Azhar 12, Mulyadi menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada pimpinan Pustekbang beserta jajarannya yang telah berkenan menerima dengan baik kunjungan para siswa didiknya. Melalui kunjungan kedua ini, beliau berharap dapat menyalurkan rasa keingintahuan para siswanya mengenai dunia penerbangan, seraya berharap semoga dari hasil kunjungan ini semakin dapat meningkatkan motivasi belajar para siswa didiknya.

Sebagai cindera mata, pada kesempatan tersebut, Pustekbang LAPAN menyerahkan Buku Sang Perintis untuk SMPI Al Azhar 12. Buku special yang berisikan sejarah rintisan teknologi penerbangan dan antariksa LAPAN tersebut diharapkan dapat melengkapi koleksi pustaka di sekolah. Sebagai balasannya, pihak SMPI Al Azhar menyerahkan sebuah plakat dan dan kitab suci Al Qur’an. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan profile Pustekbang dan litbangyasa pesawat N219 dan Lapan Surveillance UAV (LSU) oleh Perekayasa Pustekbang, Ari Sugeng Budiyanta. Para siswa tampak antusias manakala beliau menampilkan sejumlah video uji terbang LSU.

Sebelum closing ceremony diisi dengan acara menarik, yaitu tanya jawab berhadiah doorprize 10 buah Buku Sang Perintis kepada para siswa dan guru yang aktif bertanya. Tak ayal pada setiap sesi pertanyaan yang dilontarkan oleh PIC Humas Pustekbang, Tri Widodo, mereka spontan mengacungkan tangannya dan beradu kecepatan untuk berlari ke depan podium guna menjawab pertanyaan.

Selesai opening, dilanjutkan dengan sesi foto bersama di depan gedung Pustekbang, lalu dilanjutkan dengan menyaksikan demo terbang dan foto selfi drone oleh engineer Ari Sugeng Budiyanta. Jelang pukul 12.00 Wib, rombongan siswa dan guru melaksanakan Ishoma di masjid LAPAN. Kunjungan ke lab. manufaktur dan ground station dilanjutkan pada pukul 13.00 Wib sampai dengan selesai pada pukul 14.00. Walau hanya sejenak, mereka cukup gembira dengan kunjungan kedua ini. (tw).