RAPAT PERDANA PANITIA SIPTEKGAN KE XXIII TAHUN 2019 GULIRKAN RENCANA KEPANITIAN BERSAMA DENGAN HIMPENINDO DAN SEJUMLAH MITRA PUI PUSTEKBANG
By abdulaziz, 18 Jan 2019
Bertempat di ruang rapat Rajawali lantai 2 Pusat Teknologi Penerbangan Rumpin, pada Jum’at (18/01) dilaksanakan rapat perdana Panitia Siptekgan XXIII 2019. Kegiatan ini dipimpin oleh Dipl. Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.ME selaku Kabid Diseminasi Pustekbang LAPAN. Rapat panitia ini diikuti oleh para peneliti, perekayasa, dan pejabat fungsional terkait di lingkungan kedeputian Teknologi Penerbangan dan Antariksa.

Beberapa agenda rapat yang dibahas dalam pertemuan pertama ini meliputi, penentuan struktur dan personil panitia pelaksana, penentuan struktur dan personil komite makalah (reviewer), penentuan rencana lokasi dan tanggal pelaksanaan, serta penentuan tanggal tanggal penting rencana kegiatan.

Untuk kepanitian seminar Siptekgan ke XXIII tahun 2019 telah diputuskan sebagai Ketuanya adalah Rachmat Ramdani, ST, MT dari Pusat Teknologi Roket dan Wakil Ketuanya Mohd. Teuku Ichwanul Hakim, MT. dari Pusat Teknologi Penerbangan. Kemudian untuk komite makalah telah ditetapkan Ketuanya yaitu Dra. Kliwati dari Pusat Teknologi Roket.

Untuk lokasi dan tanggal pelaksanaan acara seminar Siptekgan tahun 2019 akan dilaksanakan di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan pada hari Selasa, 23 Juli 2019 dengan mengusung tema, “Iptek Penerbangan dan Antariksa untuk Kemandirian Bangsa”.

Adapun tanggal-tanggal penting tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi sebagai berikut :
  1. Batas akhir makalah lengkap (full paper) 21 Mei 2019
  2. Pengumuman Status Makalah 28 Mei 2019
  3. Penentuan Jenis Presentasi 25 Juni 2019
  4. Final Makalah yang sudah direvisi 09 Juli 2019
  5. Pelaksanaan Siptekgan XXIII 2019 23 Juli 2019
Dalam forum rapat juga disepakati, bahwa untuk penyelenggaraan Siptekgan XXIII tahun 2019 ini dalam pelaksanaannya akan bekerjasama dengan Himpenindo dan beberapa mitra PUI Pustekbang dalam format kepanitiaan bersama.

Selain itu, penyelenggaraan Siptekgan XXIII tahun ini juga diharapkan dapat lebih menguatkan dampak sosialnya bagi dunia pendidikan di lingkungan sekitar, seperti ITI, Unpam, dan lain-lainnya. Melalui langkah tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan wawasan pengetahuan mereka mengenai perkembangan teknologi penerbangan dan antariksa secara global. (tw).