PRESENTASI LAPORAN KERJA PRAKTEK (KP) MAHASISWA UGM DAN UTM MADURA
By abdulaziz, 01 Mar 2019
Sebagai bentuk evaluasi kepada para mahasiswa yang telah menyelesaikan kegiatan Kerja Praktek selama satu bulan di Pusat Teknologi Penerbangan, maka pada hari Jum’at (01/03) lalu, bertempat di ruang Rajawali, telah dilaksanakan presentasi laporan Kerja Praktek untuk 6 orang mahasiswa dari Jurusan Elektronika dan Instrumentasi UGM dan Teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura. Acara yang dipimpin oleh Kabid Diseminasi Pustekbang, Dipl.Ing Agus Bayu Utama, M.Sc.ME tersebut, selain dihadiri oleh para mahasiswa KP juga menghadirkan para pembimbing dan penguji yang terdiri dari para peneliti dan perekayasa senior di satuan kerja Pusat Teknologi Penerbangan.

Acara presentasi dimulai dengan pemaparan laporan KP oleh 3 orang mahasiswa dari Jurusan Elin UGM, yang diawali oleh Sdri. Wella Ayuni Zakirman dengan judul KPnya “Rancang Bangun Subsistem Charging pada BMS LSU-03” dibawah bimbingan peneliti Adi Wirawan, M.T.

Kemudian dilanjutkan paparan laporan kedua oleh Sdr. Adhang Muntaha Muhammad dengan judul KP “Pemanfaatan Sensor IMU GY-87 sebagai Feedback Sistem Kendali Gerak Antenne Tracker” dan paparan ketiga oleh Sdri. Ayu Titan Damayanti dengan judul KP “Perancangan Sistem Kendali Linear Quadratic Regulator dengan State Feedback pada LSU Berbasis Matlab”. Kedua mahasiswa tersebut memperoleh bimbingan dari peneliti Agus Wiyono, MT.

Pada sesi berikutnya dilanjutkan paparan laporan kelompok KP dari mahasiswa Teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura yang terdiri Muhammad Nauval Bari, Jamal Lutqin dan Noer Indra Afriansyah. Adapun judul laporan KP yang mereka paparkan yaitu “Rancang Bangun Sub Sistem Discharging untuk Development Bms (Battery Management System) pada LSU-03 (Lapan Surveillance Uav-03) dengan Gui (Graphic User Interface) menggunakan Labview”, dibawah bimbingan Satria Arief Aditya, ST.

Pada akhir presentasi KP dari masing-masing mahasiswa, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab atau diskusi dengan para penguji dan para pembimbing KP.

Melalui diskusi dan tanya jawab ini, disamping dapat memberikan gambaran mengenai capaian hasil kerja praktek yang telah mereka lakukan, disamping itu masing-masing mahasiswa juga memperoleh koreksi dan masukan dari para penguji seputar metode penelitian, cara menganalisis data, sistematika pelaporan dan literasi yang digunakan. Sehingga laporan kerja praktek yang mereka buat menjadi lebih sempurna. (tw)