Pustekbang Gelar Presentasi Laporan Akhir Kerja Praktek Mahasiswa ITS, ITERA dan Universitas Bengkulu
By abdulaziz, 30 Jul 2019
Sembilan mahasiswa Kerja Praktek (KP) dari ITS, ITERA dan Universitas Bengkulu lakukan presentasi laporan hasil kerja prakteknya di Ruang Rajawali Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN Rumpin, Selasa (30/07).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabid Diseminasi Pustekbang, Dipl. Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.Me, dan dihadiri oleh sejumlah peneliti dan perekayasa senior Pustekbang serta sejumlah pembimbing lapangan.

Kesembilan orang mahasiswa KP tersebut terdiri dari 3 orang mahasiswa ITS, 2 orang mahasiswa ITERA dan 4 orang mahasiswa dari Universitas Bengkulu. Mereka secara bergantian mempresentasikan laporan hasil KP nya dengan judul-judul sebagai berikut :

  1. Efek Penguatan Kendali Pitch Attitude Terhadap Kinerja Altitude Acquire dan Hold Pada Konfigurasi Pusat Titik Massa Lokasi Belakang, oleh Vivien Maulidya, ITS, dibawah bimbingan Sayr Bahri.
  2. Efek Penguatan Kendali Pitch Attitude Terhadap Kinerja Altitude Acquire dan Hold Pada Konfigurasi Pusat Titik Massa Lokasi Tengah, oleh Maslahatul Ummah, ITS, dibawah bimbingan Sayr Bahri.
  3. Efek Penguatan Kendali Pitch Attitude Terhadap Kinerja Altitude Acquire dan Hold Pada Konfigurasi Pusat Titik Massa Lokasi Depan, oleh Meylawati Marfu’atin, ITS, dibawah bimbingan Sayr Bahri.
  4. Data Akuisisi Simpangan Sudut Aktuator LSU-01 Pada Uji Laboratorium, oleh Abdul Karim, ITERA, dibawah bimbingan Agus Wiyono.
  5. Pemetaan Model Bangunan 3D dan Orthofoto Dji Phantom Teknik Autonomous, oleh Miftahul Rohim, ITERA, dibawah bimbingan Ari Sugeng Budiyanta.
  6. Analisis Struktur Rangka Main Landing Gear LSU-05 NG Dengan Metode Elemen Hingga Menggunakan Software Abaqus Cae, oleh Hade Syamitra, dibawah bimbingan Nurul Lailatul Muzayadah.
  7. Analisis Karakteristik Aerodinamika Flying Wing Dengan Konfigurasi Winglet Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics Dengan Solver-Fluent, oleh Alfin Mustagfirin Pohan, dibawah bimbingan Arifin Rasyadi Soemaryanto.
  8. Analisis Karakteristik Aerodinamika Flying Wing Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics Dengan Solver-Fluent, oleh Takasi, dibawah bimbingan Arifin Rasyadi Soemaryanto.
  9. Kajian Experimental Crashworthines Untuk Tabung GFL (Glass Fiber Lycal), oleh Dwiky Prayoga, dibawah bimbingan Rian Suari Aritonang.
Pada tiap akhir sesi presentasi, para mahasiswa menuai beberapa pertanyaan dan masukan dari para peneliti dan perekayasa yang hadir. Melalui pola seperti ini para mahasiswa Kerja Praktek memperoleh banyak masukan positif terkait metodologi penelitian yang dilakukan, teori dan literasi yang digunakan, sampai dengan sistematika penulisan laporannya. Diharapkan melalui koreksi dan masukan-masukan tersebut akan memperkaya kompetensi para mahasiswa dalam bidang keilmuannya. (tw).