Mahasiswa dari Enam Kampus Presentasikan Hasil Kerja Prakteknya di Pusat Teknologi Penerbangan
By abdulaziz, 30 Aug 2019
Pada Jum’at (30/08/19) sembilan orang mahasiswa yang berasal dari enam kampus dalam negeri dan satu kampus luar negeri melakukan presentasi laporan hasil kerja prakteknya di ruang Rajawali Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN Rumpin. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabid Diseminasi Pustekbang, Dipl. Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.Me, dan dihadiri oleh sejumlah peneliti, perekayasa dan beberapa pembimbing lapangan.

Sembilan judul laporan Kerja Praktek yang telah dipresentasikan oleh para mahasiswa KP tersebut meliputi :
  1. Rancang Bangun Rig Untuk Pengujian Bird Strike Impact, oleh Evangels Dasmasela dari STTKD Yogyakarta, dengan pembimbing lapangan Rizky Fitriansyah, ST.
  2. Analisis Struktur Ekor LSU-05 NG, oleh Darren Kirana dari Beihang University, dengan pembimbing lapangan, Rizky Fitriansyah, ST.
  3. Pengaruh Intelektual Cavital Terhadap Nilai Perusahaan, oleh Devara Gian Arly dari Universitas Pembangunan Jaya, dengan pembimbing lapangan Clara Damayanti, S.Si.
  4. Pemanfaatan Teknologi Satelit Untuk Komunikasi Jarak Jauh Pesawat Tanpa Awak LSU (Lapan Surveillance UAV), oleh Adam Syahputra dari Universitas Brawijaya, dengan pembimbing lapangan Iwan Nopi Yono Putro, S.Pdt.
  5. Analisis dan Perancangan Single Sign On (SSO) Berbasis Web Menggunakan Mikrotik di LAPAN, oleh Yesi dari Institut Teknologi Indonesia (ITI), dengan pembimbing lapangan Wahyudi, M.Kom.
  6. Analisis Penerapan Single Sign On (SSO) Berbasis Web Menggunakan Mikrotik di LAPAN, oleh Sari dari Institut Teknologi Indonesia (ITI), dengan pembimbing lapangan Wahyudi, M.Kom.
  7. Implementasi Hotspot Server untuk Single Sign On (SSO) Berbasis Mikrotik pada LAPAN, oleh Azmi dari Institut Teknologi Indonesia (ITI), dengan pembimbing lapangan Wahyudi, M.Kom.
  8. Analisis Kestabilan Statik Matra Longitudinal, Matra Lateral dan Matra Directional Terhadap Pengaruh Centre of Gravity Pada Pesawat Raksaka Wihaya, oleh Abi Vilan Pradana dari Institut Teknologi Kalimantan (ITK), dengan pembimbing lapangan Angga Septiyana, S.Si.
  9. Dan materi terakhir berjudul Analisis Aerodinamika dengan Variasi Winglet dan Menentukan Prestasi Terbang Pada Pesawat Raksaka Wihaya, oleh Taufik Nurhidayat dari Institut Teknologi Kalimantan (ITK), dengan pembimbing lapangan Angga Septiyana, S.Si.

Di setiap akhir sesi presentasinya, para mahasiswa memperoleh beberapa pertanyaan dan masukan dari para peneliti dan perekayasa senior terkait materi laporan yang telah dipresentasikan. Melalui pola seperti ini para mahasiswa Kerja Praktek memperoleh sejumlah masukan atau koreksi positif terkait metodologi penelitian yang dilakukan, teori dan literasi yang digunakan, sampai dengan sistematika penulisan laporannya. Sehingga laporan yang mereka buat menjadi lebih sempurna. (tw).