Empat Mahasiswa Universitas Andalas Presentasi Laporan Tugas Akhir Di Pusat Teknologi Penerbangan
By abdulaziz, 02 Sep 2019
Pada Senin (02/09/19) empat orang mahasiswa S1 Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas Padang melakukan presentasi laporan hasil Tugas Akhir (TA) di ruang Rajawali Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN Rumpin.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabid Diseminasi Pustekbang, Dipl. Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.Me, dan dihadiri oleh sejumlah peneliti, perekayasa dan beberapa pembimbing lapangan.

Empat judul laporan TA yang telah dipresentasikan oleh para mahasiswa tersebut meliputi :
  1. Kajian Eksperimen Composit Carbon Fabric Hybrid E-Glass WR 185 dengan Matriks Polyester Menggunakan Metode Manufaktur Hand-Lay Up dengan Variasi Hole, oleh Rahmat Firdaus.
  2. Pengaruh Stacking Sequences Terhadap Mechanical Properties Composite E-Glass Unidirectional Menggunakan Matriks Polyester Dengan Penambahan Hole, oleh Fadly Febrian.
  3. Pengaruh Pemberian Hole Pada Composite Serat E-Glass Unidirectional Dengan Matriks Polyester Terhadap Mechanical Properties Menggunakan Metode Manufaktur Hand-Lay Up, oleh Alfredo Prakarsa.
  4. Analisa Efek Proses Manufaktur Hand-Lay Up Pada Composit Serat E-Glass WR 185 Dengan Matriks Polyester dan Penambahan Hole Tehadap Karakteristik Mekanik Bahan, oleh Dona Eka S.
Selama melakukan penyusunan TA di Pusat Teknologi Penerbangan, keempat mahasiswa tersebut memperoleh bimbingan dari Peneliti Muda, Donny Hidayat, S.T., M.T.

Masing-masing dari mereka memperoleh kesempatan selama 30 menit untuk mempresentasikan hasil laporan TA nya. Di setiap akhir sesi presentasi, para mahasiswa memperoleh sejumlah pertanyaan dan saran dari para peneliti dan perekayasa senior terkait materi TA yang mereka presentasikan. Melalui kegiatan ini para mahasiswa memperoleh masukan atau koreksi positif terkait metodologi penelitian yang dilakukan, teori dan literasi yang digunakan, sampai dengan sistematika penulisan laporan Tugas Akhirnya. (tw).