Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Fasilitas Pustekbang
Laboratorium    :
  1. Laboratorium Aerodinamika
  2. Laboratorium Simulasi dan Desain Center
  3. Laboratorium Uji Struktur
  4. Laboratorium Uji Komposit
  5. Laboratorium Manufaktur
  6. Laboratorium Uji Vibrasi
  7. Laboratorium Uji Engine UAV
  8. Laboratorium Uji Radio Frekuensi
  9. Laboratorium Uji Simulasi dan Kontrol
  10. Laboratorium Asembly Integration and Testing (AIT)
  11. Laboratorium Terbang (Flying Lab)

Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN berdiri diatas lahan seluas 42 Hektar, dilengkapi dengan 11 fasilitas uji dan hanggar guna mendukung litbangyasa teknologi penerbangan. Adapun fasilitas tersebut meliputi:

1.    Laboratorium Aerodinamika
Fasilitas yang dimiliki adalah Terowongan Angin Subsonik yang mempunyai kecepatan uji maksimum 60 m/s, Terowongan Angin Transonik yang mempunyai range kecepatan 0,8 – 1,2 Mach number, dan Terowongan Angin Supersonik yang mampu menguji wahana model hingga 4 Mach number.

     
Gambar 1.  Terowongan Angin Subsonik, Transonik dan Supersonik

2.    Laboratorium Simulasi dan Desain Center
Laboratorium ini memiliki fasilitas komputer kluster berkapasitas 320 cores dengan kecepatan 4,2 Teraflops yang bisa dikoneksi dari remote area melalui jaringan LAN/internet dan beroperasi 24 jam/hari. Selain itu, fasilitas ini juga menyediakan software Catia original dan beberapa software simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics).

     
Gambar 2. Tampak luar gedung, kluster komputer, dan ruang desain

3.    Laboratorium Uji Struktur
Fasilitas uji yang dimiliki adalah Drop Test yang dapat digunakan untuk menguji kekuatan struktur Landing Gear pesawat terbang hingga 8 ton dan beban impact 15 ton dengan ketinggian maksimum 150 cm sesuai standard regulasi CASR Part 23 – Subpart C dan D. Sementara fasiltias uji struktur sayap telah digunakan dalam pengembangan varian LSU. Fasilitas ini dilengkapi dengan data aqusisi untuk mengukur load, displacement, dan strain gauge. Hasil yang diperoleh dari kedua fasilitas ini akan digunakan untuk memvalidasi hasil perhitungan dan simulasi bagi para engineer terkait.

     
Gambar 3. Gedung Struktur, Drop Test, Wing Static Test

4.    Laboratorium Uji Material
Alat uji UTM (Universal Testing Machine) yang dimiliki pustekbang dipergunakan untuk menguji tegangan tarik dan kekuatan tekan bahan atau material. Sifat tarik dan tekan diperoleh dengan memberikan beban tarik dan beban tekan sampai material mengalami failure. UTM ini dapat digunakan untuk melakukan pengujian tarik, tekan, geser, dan bending komposit dengan kapasitas maksimum 100 kN.

     
Gambar 4. Alat uji UTM

5.    Laboratorium Manufaktur

Laboratorium ini terdiri dari ruang material, ruang peralatan/tools, ruang potong, ruang lay-up, ruang assembling, ruang finishing, dan ruang showroom. Manufactur yang telah dilakukan diantaranya pembuatan struktur LSU-01, LSU-02, LSU-03 dan LSU-05.

     
Gambar 5. Gedung manufaktur

6.    Laboratorium Uji Vibrasi
Laboratorium ini dapat digunakan untuk mengetahui pengaruh getaran terhadap  muatan (payload), struktur tempat muatannya dan struktur UAV. Thermal vibrasi dapat dimanfaatkan untuk mengetahui pengaruh temperature dan getaran secara simultan untuk komponen PCB/system soldering komponen elektronik/struktur yang posisinya dekat dengan engine. Kemampuan shaker 34 kg normal (109 kg dibantu air spring suspension), (8 – 10) mm. Kemampuan analyzer hingga ~ 25,6 kHz. Kemampuan Themal Chamber: panas ~ 98 deg Celcius, dingin saat ini – (minus) 30 deg celcius ( - 60 deg Celcius dibantu cooling tower).

     
Gambar 6. alat uji vibrasi

7.    Laboratorium Uji Engine UAV

Laboratorium ini dapat menguji engine berbasis elektromotor ataupun piston mulai kapasitas 28 cc hingga 170 cc. Fasilitas ini dilengkapi dengan instrumentasi pengujian untuk monitoring beberapa parameter pengujian propulsi seperti temperatur engine, thrust, fuel flow, dan noise engine. Adapun berbagai tipe engine pesawat LSU LAPAN telah diuji di lab ini. Hasil pengujian kemudian akan dianalisa untuk ditentukan pilihan engine yang tepat guna pengembangan pesawat LSU yang terbaru.
    

Gambar 7. Uji Engine dan Propeler UAV

8.    Laboratorium Uji Radio Frekuensi
RF merupakan fasilitas desain pengukuran dan pengujian antenna yang digunakan di LSU. Saat ini alat ukur yang dimiliki adalah Spektrum Analyzer dan VNA (Vector Network Analyzer). Untuk mengembangkan kedepannya akan dibangun fasilitas pengujian Electro-magnetic Interference (EMI) dan EMC (Electromagnetic Compatibility).

   
Gambar 8. Mobil Ground Station dan meja uji frekuensi

9.    Laboratorium Uji Simulasi dan Kontrol
Laboratorium ini dilengkapi dengan fasilitas Engineering Flight Simulator (EFS), Hardware in The Loop Simulation (HILS) dan Radio Frekwensi (RF).

EFS merupakan simulator pesawat N219 untuk pilot saat melakukan penerbangan (take-off, cruise dan landing).
HILS merupakan simulator desain system control pesawat LSU dan pesawat lainnya yang dimodelkan menggunakan software Matlab untuk pemodelan system control dan X-plane untuk pemodelan geometri pesawat dan visualisasi terbangnya.

     
Gambar 9. Komputer simulasi HILS

10.    Laboratorium Asembly Integration and Testing (AIT)
Fasilitas yang berada di gedung Avionik ini digunakan untuk integrasi system pesawat LSU yang telah selesai dibuat strukturnya. Desain wiring dan sensor serta uji system dilakukan sebelum pesawat di uji terbangkan.

     
Gambar 10. Gedung Avionik dan ruang Simulasi kendali

11.    Laboratorium Terbang (Flying Lab)
Pustekbang saat ini memiliki 1 unit pesawat LSA-01 (PK-LSA) yang siap dimanfaatkan untuk uji terbang dengan payload khusus sesuai misi yang diharapkan. Pesawat ini mampu mengakurasikan data dari foto citra satelit dengan resolusi tinggi yang telah digabung dengan satelit-satelit lain, dan mampu konfirmasi ulang langsung di lapangan secara acak. Dengan kemampuan terbang non-stop selama 6 - 8 jam, jangkauan tempuh 1.300 kilometer, dan dapat membawa muatan hingga 160 kg, LSA ini berpotensi untuk melakukan patroli sistem kelautan di Indonesia.

 
Gambar 11. Pesawat LSA-01 dan LSA-02

Pustekbang hanya memiliki satu lokasi atau tidak ada sarana dan prasarana pendukung kegiatan yang berada di bawah Pustekbang di lokasi lain. Lokasi kantor Pustekbang adalah : Jl. Raya LAPAN, Rumpin Bogor, Jawa Barat 16350. Telp. (021) 7579 0383, 7579 0031, Fax. (021) 7579 0383.


Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383



© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan