Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Uji Coba Massal Pesawat Tanpa Awak Pustekbang LAPAN
Penulis Berita : GSP, PPES • Fotografer : Ry • 23 Dec 2014 • Dibaca : 3022 x ,

Pameungpeuk - Pusat Teknologi Penerbangan mengadakan serangkaian acara uji coba Pesawat Tanpa Awak (LSU) di Pamempeuk Garut 22-23/12/2014.

Uji coba tersebut meliputi:

1. First flight test LSU-05.
2. Uji terbang manual dan autonomous LSU-03.
3. Uji coba paket program LSU-Han yang meliputi uji launcher (catapult) LSU-02, Recovery Parachute LSU-02, dan Jaring LSU-02.
4. Uji coba system sensor seeker IR LSU-01 (uji ini merupakan kerjasama Pustekbang, Kemhan, Pindad dan Cirnov UAD.)


LSU-05 merupakan pesawat tanpa awak generasi kelima dari varian UAV yang memiliki bobot terbang 80 kg dengan bentang sayap 5,5 meter dan panjang 4 meter. Dalam sesi uji coba ini, pesawat LSU-05 ditargetkan untuk mampu take off pada jarak sekitar 160 m dan terbang loiter selama 15 menit.

Keberhasilan proses uji coba LSU-05 yang dilakukan Pustekbang kali ini menandai tercapai dan selesainya target fase I pengembangan pesawat LSU, yaitu penguasaan desain dan manufacture. Fase pencapaian selanjutnya adalah membuat pesawat LSU menjadi produk teknologi yang sangat terkait dengan sertifikasi dan persyaratan safety flight.

Pengujian lain seperti launcher, uji jaring dan recovery parachute yang didesain para engineer muda Pustekbang juga menunjukkan performance yang bagus.

“Alhamdulillah, program LSU telah menunjukkan pencapaian yang bagus, dasar-dasar desain, manufacture, juga operasi telah kita kuasai, langkah selanjutnya adalah membuat semuanya menjadi standart operasi yang diterima oleh pasar dan regulasi” demikian ditambahkan Gunawan S Prabowo, Kepala Pusat Teknologi Penerbangan.

Uji terbang ini dihadiri oleh Deputi Bidang Teknologi Dirgantara, Dr. Rika Andiarti, Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Afif Budiono, Sestama, Ignatius Loyola Arisdiyo, dan Mantan Kepala Lapan Bambang Tedjasukmana, Direktur Topografi Brigjen Dedi Hadria, Kolonel Andi Sutama dan rombongan dari Kemenhan, Prof Hariyadi dari UAD, serta para perekayasa, peneliti & teknisi di lingkungan Pusat Teknologi Penerbangan Lapan Rumpin Bogor.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan