Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Sambut Pesawat N219 LAPAN Gelar Bimtek Uji Terbang
Penulis Berita : PPES • Fotografer : PPES • 19 Oct 2015 • Dibaca : 2827 x ,

Bimtek Uji Terbang Pesawat Berawak LAPAN

LAPAN dan PTDI sedang membangun purwarupa Pesawat N219 sebagai sarana untuk membangun konektifitas antar pulau terluar NKRI. Saat ini progres pengerjaan telah mendekati fase roll-out, dimana pesawat N219 direncanakan siap roll-out pada 10 November 2015 bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Setelah roll-out, pesawat N219 akan memasuki test akhir sebelum siap mengudara yaitu test uji terbang. "Uji terbang diperlukan untuk membuktikan bahwa kombinasi manusia/mesin dapat mencapai performa yang diinginkan", kutip Ir. Wahyudi Abdul Djumali, Senior Flight Test Engineer, saat menjadi pembicara dalam acara bimtek Uji Terbang Pesawat Berawak (Aircraft Flight Test) di Pusat Teknologi Penerbangan, Rumpin, Bogor, Senin (19/10).

Wahyudi menerangkan kegiatan uji terbang memiliki beberapa tahapan dimulai dari fase persiapan, operasi penerbangan serta berakhir pada analisa dan pembuatan laporan uji terbang. Test Pilot dituntut untuk cakap dalam melakukan keahlian terbang yang diperlukan untuk memperoleh data akurat, mempunyai kemampuan pengamatan dan persepsi mendalam untuk mengenali masalah dan karakteristik buruk pesawat, dan mampunyai kemampuan menganalisa hasil uji, memahami dan menjabarkan pentingnya temuan-temuan pengujian.

"Flight Test Engineer (FTE) dituntut harus memiliki pengetahuan yang sama dengan test pilot ditambah pengetahuan mendalam tentang persyaratan instumentasi, aspek perencanaan serta koordinasi suatu program uji terbang, pengambilan data, pengolahan data serta presentasi data serta hasil uji, dan tata cara penulisan laporan teknik", tambah Wahyudi.

Bimtek uji terbang pesawat berawak diikuti oleh peneliti, perekayasa serta pilot LAPAN. Melalui bimtek ini diharapkan menambah pengetahuan mengenai prinsip-prinsip dasar uji terbang, mengenali berbagai tipe uji terbang, mengetahui organisasi penyelenggara uji terbang dan mengenali faktor-faktor keselamatan uji terbang menjelang Flight Test Pesawat N219.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan