Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Drafting Patent Litbangyasa Pustekbang, LAPAN Gelar Bimtek
Penulis Berita : PPES • Fotografer : PPES • 20 Oct 2015 • Dibaca : 2466 x ,

Bimtek Draft Patent oleh Pusat Teknologi LIPI di Pustekbang LAPAN

Beberapa hasil litbangyasa Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN telah memasuki tahap produksi. Drafting patent tengah disusun sejalan dengan perjanjian kerjasama antara LAPAN dengan industri nasional meliputi PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, dan PT M-3. Nantinya registrasi patent ini akan menjadi payung hukum antara LAPAN dengan industri terkait Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) mengenai desain industri.

"Faktor utama diselenggarakan bimtek ini adalah terkait ijin produksi dan registrasi patent dari pesawat N219, LSU 03, smart bomb, dan desain avionik pesawat LSU 03", terang Drs. Gunawan S.Prabowo,MT, Kepala Pusat Teknologi Penerbangan, saat membuka acara bimtek Drafting Patent Hasil Kegiatan Litbangyasa di Pustekbang LAPAN Rumpin, Bogor, Senin (20/10).

Narasumber dari Pusat Inovasi LIPI menjelaskan bahwa proses pembuatan draft patent tidaklah singkat karena proses penelusuran patent ke berbagai belahan dunia merupakan tahap awal sebelum didaftarkannya sebuah draft patent. "Proses pembuatan draft patent membutuhkan waktu tidak kurang dari lima hari, dan normalnya perjudul hak patent membutuhkan waktu satu minggu", jelas Ir. Dodong.

Bimtek kali ini menjelaskan materi menyeluruh secara singkat, diantaranya Prosedur Pendaftaran Patent dan Aspek-aspek Terkait, Patentabilitas dan Penelusuran Dokumen serta Penulisan Drafting Patent. "Tiga syarat utama perlindungan patent, yang pertama penemuan bersifat baru, memenuhi langkah infensi, yang ketiga dapat diterapkan pada industri", tambah Arini. Acara ini diikuti peneliti/perekayasa Pustekbang LAPAN, diharapkan draft patent selesai disusun dalam waktu dekat.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan