Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


LSA-MALE LAPAN Dilirik Wantimpres Bidang Pertahanan dan Keamanan Nasional
Penulis Berita : Tim Diseminasi Pustekbang • Fotografer : PPES • 20 Oct 2016 • Dibaca : 2060 x ,

Wantimpres Bidang Pertahanan dan Keamanan Nasional Menyimak Presentasi Kaspustekbang

Tim Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Bidang Pertahanan dan Keamanan Nasional yang dipimpin Marsekal Muda TNI Khoirul Arifin, S.E., M.M  melakukan kunjungan kerja ke Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Rumpin, Bogor, Kamis (20/10).

Kunjungan dimaksudkan untuk menghimpun informasi terkait pembaharuan teknologi drone yang dikembangkan, serta cross cek kesiapan dan kontribusi LAPAN sebagai salah satu lembaga litbang nasional yang berperan penting bagi kemandirian bangsa dalam rancang bangun alat pertahanan nasional.

Tema kunjungan ini adalah Kegiatan Pengumpulan Data oleh Tim Dewan Pertimbangan Presiden Pada Kajian Pemberdayaan Drone Guna Pertahanan dan Keamanan Nasional.

"Bahan kajian yang kami dapatkan khususnya terkait program LSA-MALE akan dijadikan kajian dan rekomendasi kepada Presiden. Harapan kami program ini dapat selesai tepat waktu dan terealisasi sebelum 2019.", jelas Marsda.

Beliau menambahkan, kami tertarik atas program LSA-MALE yang dikembangkan LAPAN, melihat potensi pengembangan konsep teknologi ini untuk suport program nawacita Presiden. Kami akan membantu bila ditemukan hambatan dalam pengembagan program ini. Bila rancang bangun program ini berhasil tentunya ketergantung akan alat pertahanan asing bisa diminimalisir demi privacy dan keamanan negara.

Dalam kesempatan tersebut, Kapustekbang Gunawan S Prabowo menerangkan kepada anggota Wantimpres, bahwa program LSA-MALE merupakan satu kesatuan konsep dari Maritim Surveillance System (MSS).

MSS merupakan integrasi fungsi dari berbagai tipe pesawat tanpa awak yang diberi nama Lapan Surveillance UAV (LSU), mulai dari LSU-01 hingga LSU-05 serta didukung oleh LAPAN Surveillance Aircraft (LSA)-01 MALE. Penggunaan pesawat tanpa awak mutlak dilakukan untuk mendukung pemantauan yang tidak bisa dilakukan dengan satelit serta menghemat biaya dibanding dengan menggunakan pesawat terbang berawak.

Kapustekbang mempresentasikan rencana 5 tahun program MSS yang telah dimulai tahun 2014 hingga 2019. Beberapa kendala terkait integrasi serta regulasi pesawat cukup menguras pikiran.

"Saat ini sistem pesawat LSA-MALE sedang dimodifikasi dan diupgrade sesuai kebutuhan riset LAPAN oleh engineer LAPAN di German. Target kami 2019 program MSS sudah rampung dan bisa dioptimalkan" tambah Kapustekbang.

Kunjungan kerja Wantimpres dilanjutkan dengan peninjauan laboratorium Pustekbang yang meliputi Lab. Aerodinamika, Lab. Aerostruktur serta Lab. Avionik.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2020 - Pusat Teknologi Penerbangan