Berita Terbaru

Teknologi Pustekbang

Kegiatan Pustekbang


Study Ekskursi Politeknik Negeri Malang di Pustekbang LAPAN
10 Feb 2016 • Dibaca : 2279 x ,

Pada hari Rabu (10/02) Pusat Teknologi Penerbangan menerima kunjungan Study Ekskursi Politeknik Negeri Malang. Pada kesempatan tersebut, dipaparkan materi tentang produk litbangyasa Kedeputian Teknologi Penerbangan dan Antariksa (Deteknologi) LAPAN yang meliputi Pesawat LSU, Pesawat N219, Satelit LAPAN-TUBSAT dan Satelit LAPAN-A2/ORARI.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi DIII Teknik Telekomunikasi Abdul Rasyid mengatakan study ekskursi mahasiswa Jaringan Telekomunikasi ini diselenggarakan guna memberi informasi tentang teknologi yang sedang berjalan serta memberi pengetahuan lapangan bagi mahasiswa saat nantinya akan menentukan tempat PKL (Praktek Kerja Lapangan) dan berkarir.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Humas Bidang Diseminasi Pustekbang Tri Widodo, "Kami (Pustekbang) terbuka bagi mahasiswa/wi yang ingin menambah kompetensi pengetahuan dengan praktek kerja maupun nantinya berkarir sebagai perekayasa".

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pustekbang Gunawan S. Prabowo juga menjelaskan secara umum tentang program litbangyasa yang dilaksanakan oleh Pustekbang saat ini, yang mencakup Program Pengembangan Pesawat Berawak dan Program Pengembangan Pesawat Tanpa Awak (drone). Terkait dengan Program Pengembangan Pesawat Berawak, Pustekbang bekerjasama dengan PTDI sedang mengembangkan Pesawat Transport N219 yang diharapkan memasuki tahap flight test pada pertengahan 2016 ini. "Program pesawat transport ini kami dedikasikan untuk mengatasi kebutuhan transportasi bagi saudara kita yang berada di pedalaman wilayah Papua dan sekitarnya yang sulit dijangkau dengan transportasi darat dan laut", tambah Gunawan.

Dijelaskan pula terkait program pengembangan Pesawat Tanpa Awak, Pustekbang-LAPAN telah berhasil mengembangkan Lapan Surveillance UAV (LSU) yang meliputi 5 tipe yaitu LSU-01 sampai dengan LSU-05 yang diaplikasikan untuk berbagai misi utamanya untuk surveillance bekerjasama dengan beberapa instansi terkait seperti Dinas Pertanian Subang, Pemda DKI, TNI AD, Densus 88, dll. Disampaikan juga bahwa 2 tipe LSU yang dikembangkan oleh Pustekbang tersebut telah memecahkan rekor MURI untuk jarak terbang terjauh yaitu 200 km untuk LSU-02 dan 340 km untuk LSU-03.

Optimalisasi kedua program tersebut diharapkan dapat mewujudkan target Pustekbang sebagai Center of Excellence "Aviation Technology Indonesia 2025". Study Ekskursi Politeknik Negeri Malang di Pustekbang ini dilanjutkan dengan berkunjung ke fasilitas LAPAN yang meliputi terowongan supersonik, stasiun bumi-satelit serta lab.avionik. Presentasi dan tanya jawab oleh perekayasa LAPAN dan mahasiswa mewarnai kunjungan ini.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Teknologi Penerbangan
Jl. Raya LAPAN Rumpin Bogor Jawa Barat
Telepon (021) 75790383 Fax. 75790383

 
my widget for counting
Visitors
© 2017 - Pusat Teknologi Penerbangan